Evolusi Perangkat Lunak Komputer Adalah - Yulidamanda.blogspot.com

Evolusi Perangkat Lunak Komputer Adalah

EVOLUSI PERANGKAT LUNAK


Evolusi Perangkat Lunak Komputer Adalah
Perangkat Lunak

Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap yaitu tahap pertama yang di mulai pada awal tahun 1950-an.

Tahap pertama pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distrubusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software harus memesan terlebih dahulu.

Tahap kedua, pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multiuser. Ciri ini menunjukan adanya perkembangan baru yaitu interaksi manusia dengan komputer. Selain itu ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumplkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.


Tahap ketiga, tahap ini perangkat lunak sudah maju perkembangannya. Perangkat lunak pada tahap ini sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampain informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa cepat.

Baca Juga : SOAL DAN JAWABAN PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Tahap keempat, tahap ini perangkat lunak sudah mendominasi dari perkembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.

Ada banyak pendapat mengenai tahap pengembangan perangkat lunak. Secara terinci tahapan yang diusulkan berbeda, tapi sebenarnya ada persamaan yaitu secara umum tahapannya mengikuti aturan sebagai berikut :


1. Survey

survei merupakan suatu aktivitas atau kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan suatu kepastian informasi (seperti : jumlah orang, persepsi atau pesan-pesan tertentu), dengan cara mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat 

2. Analisis

Analisis dapat juga diartikan sebagai kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipahami.

3. Desain

Mendesain tahapan kerja, sistem alur kerja, atau digambar seperi flowchart.

4. Implementasi

mengimplementasikan hasil kerja, untuk mengetahui sistem berjalan atau tidak.

Penutup

Demikian artikel yang membahas tentang Evolusi Perangkat Lunak Komputer Adalah, semoga artikel ini berguna dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment