Pengertian dan Penjelasan Dari Gerak || Pelajaran Fisika - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian dan Penjelasan Dari Gerak || Pelajaran Fisika

Pengertian Dari Gerak Pelajaran Fisika

Pengertian Dari Gerak Pelajaran Fisika
Gerak

Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

Secara sederhana, gerak bisa diartikan sebagai perpindahan posisi. Sebuah benda dapat bergerak karena ada pengaruh dari luar. Gerak benda dapat dibedakan menjadi gerak memantul, gerak mengalir, gerak jatuh, gerak berputar, dan gerak menggelinding. Sedangkan faktor yang mempengaruhi gerak benda diantaranya adalah bentuk benda, luas area, kecepatana benda, berat benda, kondisi permukaan yang dilalui, dll.

Di dalam ilmu fisika, gaya atau kakas adalah apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami percepatan, salah satunya adalah gaya gesek. Manfaat gaya gesek sangat besar dalam kehidupan manusia. Disamping itu, gaya gesek juga menimbulkan kerugian bagi kehidupan manusia. Pengetahuan manusia tentang gaya gesek, macam-macam gaya gesek, manfaat, dan kerugian gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari masih sangat minim. Untuk itu dalam makalah ini penulis akan memaparkan secara rinci mengenai gaya gesek,macam-macam gaya gesek, manfaat, dan krugiangaya gesek bagi kehidupan manusia.

Dalam pembahasan mengenai hukum Newton, kita akan selalu berhubungan dengan gaya gesekan. gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud disini tidak harus berbentuk padat, tetapi dapat pulaberbentuk cair, atau pun gas. 

Pengertian Dari Gerak Pelajaran Fisika

Gaya gesek antara dua buah benda padat misalnya adalah gaya gesek statis dan kinetis, sedangkan gaya antara benda padat, cairan, dan gas adalah gaya Stokes.Gaya gesek pada benda mempunyai arah yang selalu berlawanan dengan kecenderungan arah gerak benda.Lohat (2008:349) mengemukakan gesekan biasanya terjadi diantara dua permukaan benda yang bersentuhan, baik terhadap udara, airatau benda padat. 

Ketika sebuah benda bergerak di udara permukaan benda tersebut bersentuhan dengan udara sehingga terjadi gesekan antara benda dengan udara, demikian juga ketika bergerak di dalam air. Gaya gesekan juga selalu terjadi antara permukaan benda padat yang bersentuhan, sekalipun benda tersebut sangat licin. Permukaan benda yang sangat licin sebenarnya sangat kasar dalam skala mikroskopis. 

Ketika kita mencoba menggerakkan suatu benda, tonjolan-tonjolan mikroskopis ini menganggu gerak tersebut.Sebagai tambahan, pada tingkat atom (ingat bahwa semuaateri tersusun dari atom-atom), sebuah tonjolan pada permukaan menyebabkan atom-atom sangat dekat dengan permukaan lainnya.Sehingga gaya-gaya listrik di antara atom dapat membentuk ikatan kimia,sebagai penyatu kecil di antara dua permukaan benda yang bergerak.Ketika sebuah benda bergerak, misalnya ketika kita mendorong sebuah buku pada permukaan meja, gerakan buku tersebut mengalami hambatan dan akhirnya berhenti, karena terjadi gesekan antara permukaan bawahbuku dengan permukaan meja serta gesekan antarapermukaan buku dengan udara, dimana dalam skala miskropis, hal ini terjadi akibatpembentukan dan pelepasan ikatan tersebut.

Jika permukaan suatu benda bergeseran dengan permukaan benda lain, masing-masing benda tersebut melakukan gaya gesekan antara satu dengan yang lain. Gaya gesekan pada benda yang bergerak selalu berlawanan arah dengan arah gerakan benda tersebut.Selain menghambat gerak benda, gesekan dapat menimbulkan ausdan kerusakan. Hal ini dapat kita amati pada mesin kendaraan. Misalnya ketika kita memberikan minyak pelumas pada mesin sepeda motor,sebenarnya kita ingin mengurangi gaya gesekan yang terjadi di dalam mesin. Jika tidak diberi minyak pelumas maka mesin kendaraan kita cepat rusak. 

Kita dapat berjalan karena terdapat gaya gesek antara permukaan sandal atau sepatu dengan permukaan tanah. Jika anda tidak biasa menggunakan alas kaki gaya gesek tersebut bekerja antara permukaan bawah kaki dengan permukaan tanah atau lantai. Alas sepatu atau sandal biasanya kasar/bergerigi atau tidak licin. Para pembuat sepatu dan sandal membuatnya demikian karena mereka sudah mengetahui konsep gaya gesekan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Dari Gerak Pelajaran Fisika, semoga artikel ini bisa dipahami dan menambah ilmu kita semua

Terimakasih.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment