BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI ADALAH, PENGERTIAN, KEUNGGULAN - Yulidamanda.blogspot.com

BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI ADALAH, PENGERTIAN, KEUNGGULAN

BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI

Bahasa pemrograman Delphi adalah pemrograman berorientasi objek yang merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal. Pascal adalah pemrograman berbasis DOS yang dibuat pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth dari Swiss. Kata Pascal diambil dari nama matematikiawan dan ahli filsafat dari Perancis, yaitu Blaise Pascal yang lahir tahun 1623 dan meninggal tahun 1662. Pascal dirilis tahun 1983 oleh Borland International, salah satu perusahaan software  terkemuka di California.

BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI ADALAH, PENGERTIAN, KEUNGGULAN
Pemrograman_Delphi
Fungsi  Delphi
  • Membuat aplikasi windows
  • Merancang aplikasi program berbasis grafis
  • Membuat program berbasis jaringan (client/server)
  • Merancang program .Net (berbasis internet)
Keunggulan Delphi

  1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
  2. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
  3. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
  4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
Baca Juga : PENGERTIAN MYSQL SINGKAT || Sistem Informasi
Untuk menggunakan database, Delphi menyediakan berbagai mekanisme data akses, antara lain :
  • Borland Database Engine (BDE), atau BDE adalah teknologi yang dikeluarkan oleh Borland.B DE berasal dari paradox, kemudian diperluas oleh Borland untuk mendukung banyak SQL Server dan Database Lokal sebelum Delphi ada. BDE mengakses langsung tabel-tabel  dBase, Paradox, ASCII, Foxfro dan access. Driver-driver yang ada di Delphi Enterprise memungkinkan pengaksesan ke beberapa SQL Server termasuk Oracle, Sybase, Microsoft, Informix, Interbase dan IBM DB2 Server. sedangkan untuk pengaksesan ke database lain disediakan ODBC Drivers.
  • ActiveX Data Object (ADO), atau ADO adalah antar muka tingkat tinggi (hight level) yang digunakan untuk mengakses database dari Microsoft. ADO diimplementasikan pada teknologi OLE DB Data Access Microsoft yang menyediakan akses ke database relasional maupun database non relasional, termasuk email, file sistem dan file lainnya.
  • Database Express Library (dbExpress), atau juga disebut dbExpress adalah library pengaksesan yang bersifat cross-flatform untuk windows dan linux. tidak seperti BDE dan ADO, dbExpress menggunakan pendekatan kelas ringan.
  • Interbase Express (IBExpress), Delphi menyediakan komponen-komponen untuk mengakses produknya yang gratis dan open source, yaitu interbase server. Jika menggunakan interbase sebagai back end, dapat memperoleh kinerja baik dan kemungkinan memelihara server dari aplikasi client jika menggunkan komponen khusus interbase.

PENUTUP


Demikianlah sedikit dari pembahasan tentang BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI ADALAH, PENGERTIAN, KEUNGGULAN , semoga bermanfaat.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih tentang delphi bisa mengunjungi link berikut :https://www.embarcadero.com/

Baca Juga

No comments:

Post a Comment