KERAJAAN KUTAI, SEJARAH, PENINGGALAN, KERUNTUHAN . - Yulidamanda.blogspot.com

KERAJAAN KUTAI, SEJARAH, PENINGGALAN, KERUNTUHAN .


KERAJAAN KUTAI,  SEJARAH, PENINGGALAN, KERUNTUHAN SINGKAT

Kerajaan Kutai



Sejarah Singkat Kerajaan Kutai

Berdirinya Kerjaaan Kutai dibentuk pada abad ke-5 masehi dengan dibuktikan penemuan berupa tujuh buah prasasti yupa dan dipimpin oleh Raja Kudungga yang memeluk agama Hindu. Walaupun begitu, ada pula yang menyebutkan didirikan oleh Raja Asmawarman. dan pada saat itu Raja Kudungga merupakan kepala suku dari kutai

Baca Juga : KERAJAAN SINGASARI DI JAWA TIMUR



Letak Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai terletak di tepi sungai Mahakam, dan tepatnya di kecamatan muarakaman, Kutai Kalimantan Timur.
Penyebaran Islam

Pada adab ke-16, agama Islam mulai tersebar di Kerajaan Kutai. Kepercayaan ini dibawa oleh ulama asal Minangkabau, Tuan Ri Bandang, dan Tuan Ri Tiro Pararang dari Aceh.

Masa Kejayaan

Kerajaan Kutai dikenal sebagai salah satu kerajaan yang gemilang. Pasalnya, lokasi kerajaan tersebut terletak di jalur perdagangan China dan India. Kerajaan ini juga dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Indonesia.

Masa Keruntuhan

Masa keruntuhan kerajaan Kutai terjadi di bawah kepemimpinan raja Maharaja Dharma Setia yang tewas ditangan Raja Kutai Kartanegara yaitu Pangeran Anum Panji Mendap  . Beliau tewas setelah mengikuti peperangan.

Peninggalan Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai memiliki peninggalan berupa 7 buah prasasti Yupa berbahasa huruf Pallawa dan Sanskerta. Selain itu, ada pula mahkota emas seberat 1,8 kg bernama Ketopong Sultan Kutai, Kalung Uncal Kerajaan Kutai, Pedang Sultan Kutai, Kalung Ciwa, Kura-Kura Emas, Kelambu Kuning, Keris Bukit Kang dan masih banyak lagi.
Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang Kerajaan Kutai, Semoga Bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment