KOMPONEN KOMPONEN SISTEM INFORMASI SECARA SINGKAT - Yulidamanda.blogspot.com

KOMPONEN KOMPONEN SISTEM INFORMASI SECARA SINGKAT

Komponen-komponen dari sebuah sistem informasi adalah

KOMPONEN KOMPONEN SISTEM INFORMASI SECARA SINGKAT

KOMPONEN-KOMPONEN

  1. Perangkat Keras atau biasa disebut hardware, contohnya Powersuplly, ram, hardisk, 
  2. Perangkat Lunak atau disebut Software, contoh: Mc Office, Corel, dan lainya.
  3. Prosedur : Peraturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan dari dan output.
  4. Human/Manusia, tentu saja komputer memerlukan manusia untuk menjalankan aplikasinya, semua pihak bertanggung jawab atas pengembangan sistem informasi.
  5. Basis Data atau Database : Seperti Field, Record, Tabel dan lainnya yang berhubungan dengan penyimpanan data.
  6. Jaringan Komputer : Jaringan Penghubung seperti Client Server.
Baca Juga : DAFTAR-DAFTAR MATAKULIAH SISTEM INFORMASI
PENJELASANNYA
  1. Perangkat Keras (Hardware) : adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras dibagi menjadi :
  2. Perangkat Lunak (Software) : adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak terwujud. 
  3. Prosedur : Prosedur merupakan komponen fisik, karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan & instruksi. Prosedur terdiri dari tiga jenis, yaitu : Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan. Instruksi penyiapan data sebagai input. Instruksi operasional.
  4. Orang / Manusia : Manusia diperlukan dalam operasi sistem informasi. Sumber daya manusia ini meliputi pemakai akhir dan pakar sistem. Pemakai akhir adalah orang yang menggunakan informasi yang dihasilkan sistem informasi, misalnya pelanggan, pemasok, teknisi, mahasiswa, dosen dan orang-orang yang berkepentingan. Sedangkan pakar sistem informasi adalah orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi, misalnya system analyst, developer, operator sistem dan staf administrasi lainnya.
  5. Basis Data : Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
  6. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data : Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa atau lebih perangkat komputer yang didesign untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan akses informasi dari berbagai tempat antar komputer yang satu dengan komputer yang lain. 
Demikianlah artikel tentang KOMPONEN KOMPONEN SISTEM INFORMASI SECARA SINGKAT, semoga informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment