PEMROGRAMAN PASCAL ADALAH, Pengertian, Kelebihan ,Kekurangan - Yulidamanda.blogspot.com

PEMROGRAMAN PASCAL ADALAH, Pengertian, Kelebihan ,Kekurangan

PASCAL

Bahasa pemrograman pascal merupakan matakuliah sistem informasi atau jurusan komputer, matakuliah ini kita ambil di semester 3 atau 4 jika tidak salah, tetapi setiap perguruan berbeda-beda ya. oh ia kembali ke intinya
Pengertian Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang sering dipakai untuk belajar algoritma dan pemrograman bagi pemula terutama di bidang akademis. Secara teori mungkin kita tidak akan mengerti apa itu pascal, tetapi nanti setelah kita belajar prakteknya kita akan mengerti setiap kode-kode dari pascal itu sendiri.

Nah, sedangkan menurut ahlinya nih, nama Pascal diambil dari ahli matematika Prancis abad pertengahan, Blaise Pascal. Bahasa Pemrograman Pascal dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970 dan mencapai puncak kepopulerannya di pada era 1970 hingga awal 1990an (terutama dengan compiler Turbo Pascal).
Dibawah ini adalah contoh gambar praktek pascal.
PEMROGRAMAN PASCAL ADALAH, Pengertian, Kelebihan ,Kekurangan
Pascal (Sumber:Google)
Baca Juga : PENGERTIAN MYSQL SINGKAT || Sistem Informasi

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang umumnya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma dan pemrograman. Pascal relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read. Nah bahasa pemrograman pascal ada kelebihanya nih.

KELEBIHAN

  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
  • User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Setiap kelebihan ada kekurangannya yah, berikut kekurangannya:

KEKURANGAN

  • Versi awal Pascal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan basis data yang terbatas.
  • Sintaks Pascal terlalu bertele-tele
  • Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek
  • Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.
Nah, demikianlah sedikit pengertian dari bahasa pemrograman pascal, untuk lebih memahaminya tentunya kita harus mengambil mata kuliah pascal.

Baca Juga : DAFTAR-DAFTAR MATAKULIAH SISTEM INFORMASI

Baca Juga

No comments:

Post a Comment