PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI (SKRIPSI, PROPOSAL, MAKALAH,PKL) - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI (SKRIPSI, PROPOSAL, MAKALAH,PKL)

PEMASARAN

Merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan pengusaha dalam rangka mempertahankan kelangsungan usahanya untuk dapat berkembang dan memperoleh laba.

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI
Pemasaran
Berikut pengertian pemasaran menurut para ahli :

Menurut Kotler (2002:9):
    • "Pemasaran sebagai suatu proses sosial media yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain"
Menurut Swastha dan Handoko (2000:4):
    • "Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial"

Menurut Kertajaya (2005:11):
    • "Pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholders-nya"
Konsep Pemasaran Menurut Kotler (2001:17):

    • "Bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efesien dibanding pesaing"
Manajemen pemasaran menurut Kotler (1996:14):
    • "Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran perorangan dan organisasi"
Ada 5 Konsep yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi, menurut Kotler (1996:17-73) yaitu :
  1. Konsep Produksi : Bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Para manajer dalam organisasi yang berorientasi pada produksi memusatkan upaya untuk mencapai efisensi produksi yang tinggi dan liputan distribusi yang luas.
  2. Konsep Produk : Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performasi dan ciri-ciri yang terbaik.
  3. Konsep Penjualan : Konsumen jangan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
  4. Konsep Pemasaran : Kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efesien dibandingkan para pesaing.
  5. Konsep Pemasaran Sosial : Tugas Organisasi adalah menetukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara lebih efektif dan efesien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarkat.

PENUTUP

Demikian penjelasan dari PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI (SKRIPSI, PROPOSAL, MAKALAH,PKL), semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment