Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall's - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall's

PENGERTIAN ILMU EKONOMI


Penjelasan tentang pengertian ekonomi
Pengantar Ilmu Ekonomi


Yeinie__Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang umat manusia dalam urusan hidup yang biasa (Alfred Marshall's). Persoalan-persoalan ekonomi yang timbul mempunyai beberapa ciri yang sama. Persoalan-persoalan ekonomi muncul sebagai akibat dari penggunaan sumber daya yang langka untuk memuaskan keinginan manusia yang tidak terbatas. Kelangkaan tidak dapat dihindarkan dan merupakan inti persoalan ekonomi.

Sumber daya masyarakat terdiri dari :

1. Sumber daya alam seperti tanah, hutan, dan barang-barang tambang.

2. Sumber daya manusia termasuk mental dan fisiknya, dan

3. Semua alat-alat buatan manusia untuk meningkatkan produksi seperti mesin, gedung, dan sebagainya. Ahli ekonomi menyebut sumber daya sebagai faktor produksi karena digunakan untuk menghasilkan barang yang diinginkan manusia. Barang-barang tersebut disebut komoditi. Komoditi dapat dibedakan atas barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang dapar diraba dan dilihat, sedangkan jasa adalah sesuatu yang tidak dapt diraba dan dilihat.

KELANGKAAN, PILIHAN, BIAYA IMBANGAN, DAN KEMUNGKINAN PRODUKSI

keinginan manusia dianggap tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang ada sangat tidak mencukupi (langka). Oleh karena itu, semua masyarakat menghadapi masalah dalam menentukan apa yang akan di produksi dan bagaimana cara membagi diantara anggota masyarakat. Kelangkaan (scarcity) mengharuskan perlunya pilihan (choice), dan pilihan berarti biaya. Setiap orang harus membuat suatu pilihan karena adanya kelangkaan, seseorang harus membayar biaya imbangan (opportunity cost). Biaya imbangan diukur dalam bentuk alternatif yang harus dikorbankan.

Suatu keputusan untuk memiliki lebih dari satu barang memerlukan keputusan untuk memiliki barang lain yang lebih sedikit. Kurva yang menggambarkan kombinasi jumlah barang yang dapat diproduksi dengan sumber daya yang tersedia disebut kurva kemungkinan produksi (KKP).

Titik yang merupakan kombinasi yang dapat dicapai dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia disebut batas kemungkinan produksi (Production Possibility Boundry). Kurva ini miring kebawah, sebab pada saat sumber daya digunakan untuk menghasilkan lebih banyak yang satu, maka barang lain harus dikorbankan.



Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall's


Batas kemungkinan produksi tersebut diatas mengambarkan tiga konsep yaitu kelangkaan, pilihan, dan biaya imbangan. Kelangkaan ditunjukkan oleh kominasi yang tidak mungkin dapat dicapai diluar batas kurva; pilihan ditunjukkan oleh keharusan memilih diantara kombinasi yang mungkin dapat dicapai; biaya imbangan ditunjukan oleh batas kurva yang miring ke kanan bawah.

Baca Juga : SEJARAH DAN MANFAAT INTERNET


Baca Juga

No comments:

Post a Comment