Tips dan Trik Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya Tidak Merokok - Yulidamanda.blogspot.com

Tips dan Trik Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya Tidak Merokok

Cara Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya


Tips dan Trik Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya Tidak Merokok


Karena merokok merupakan perbuatan yang sangat membahayakan kesehatan, baik kesehatan perokok maupun kesehatan yang menghirup asap rokok itu sendiri maka kebiasaan merokok perlu dihentikan. Kebiasaan yang sudah terlalu sering dilakukan maka dalam menghentikannya tidak mudah, oleh karena itu ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok terutama di kalangan pelajar. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

Tips dan Trik Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya Tidak Merokok

  1. Menjaga jarak dengan teman–teman perokok. Menjaga jarak dengan teman-teman perokok merupakan cara yang paling awal agar terhindar dari kecanduan merokok. Jika seorang berteman dengan perokok maka cepat atau lambat dia akan ikut merokok juga.
  2. Mengganti kebiasaan merokok dengan cemilan kecil atau dengan permen .Cara untuk berhenti merokok yang lainnya adalah dengan mengganti rokok dengan cemilan kecil atau dengan permen. Hal ini bisa membantu seorang perokok dapat melupakan kebiasaan merokoknya itu. 
  3. Mengisi  waktu  luang Anda dengan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat sehingga Anda dapat melupakan kebiasaan merokok Anda. Dengan menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan yang positif dapat membantu seseorang melupakan rokoknya.
  4. Menggali lebih dalam tentang bahaya merokok agar Anda termotivasi untuk bergaya hidup sehat. Cobalah untuk googling berbagai referensi tentang nikotin dan bahaya-bahayanya. Jika kita sudah tahu bahaya merokok yang luar biasa mengerikan maka untuk menghisap rokok kita akan berpikir sekian kali lagi.
  5. Mempelajari efek baik dan buruknya apabila merokok. Dengan mempelajari efek baik dan buruk merokok, kita akan dapat berhenti merokok. Karena sesungguhnya efek buruk merokok lebih banyak dari efek baiknya. 
  6. Menciptakan gaya hidup bebas asap rokok dan tembakau. Jika kita mempunyai gaya hidup yang baru yaitu gaya hidup yang bebas asap rokok dan tembakau, karena kita sudah tahu ruginya merokok maka kita akan mudah untuk meninggalkan rokok itu. Sebenarnya gaya hidup yang bebas asap rokok merupakan gaya hidup sehat yang selalu diidam-idamkan setiap orang.
  7. Kurangilah minum teh dan kopi, perbanyak makan buah-buahan dan makanan yang bergizi lainnya. Buah-buahan merupakan makanan yang sangat baik untuk tubuh kita, sehingga mengganti kopi dan rokok dengan bauah-buahan merupakan pilihan yang sangat bijak dan sangat tepat.
  8. Usahakan setiap pagi setelah sarapan engkau minum juice jeruk, apel atau buah-buahan lainnya karena ia bisa  mengurangi keinginan merokok.
  9. Dan terakhir, hendaknya semua itu dilakukan dengan ikhlas, serta keinginan kuat untuk meninggalkannya yang terbit dari dalam hatimu sendiri.


Manfaat Dari Berhenti Merokok

Anjuran untuk berhenti merokok bukan tanpa alasan. Seorang pecandu rokok dianjurkan untuk berhenti merokok supaya kesehatannya akan selalu terjaga. Ada beberapa manfaat jika seorang pecandu meninggalkan rokoknya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Hidup lebih lama. Dengan berhenti merokok, otomatis kita tidak lagi memasukkan racun dalam tubuh kita, sehingga kita akan merasa sehat dan dapat hidup lebih lama tanpa dibayang-bayangi rasa khawatir dengan penyakit-penyakit mamatikan yang disebabkan oleh rokok.
  2. Dapat menghindari racun. Racun-racun yang terdapat dalam rokok dapat kita dindari juka kita berhenti menghisap rokok. Kita tidak akan terhidar dari racun jika kita masih saja menghisap rokok.
  3. Dapat  melindungi  diri,  keluarga  dan  orang  lain  daripada  bahaya merokok. Dengan kita berhenti merokok maka secara otomatis kita dapat melindungi diri, keluarga dan orang lain dari bahaya merokok karena mereka tidak akan menghirup asap rokok yang kita keluarkan.
  4. Menjadi teladan yang baik kepada anak-anak. Jika kita berhenti merokok maka kita bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Anak-anak akan melihat kita sebagai pribadi yang baik dan sehat karen kita tidak bersahabat dengan rokok. Jika kita menjadi perokok maka kita tidak dapat menjadi teladan yang baik untuk anak-anak, karena merokok merupakan hal yang tidak baik apalagi merokok di temapt-tempat umum.
  5. Dapat meningkatkan kecerdasan serta memiliki tubuh yang sehat. Berhenti merokok akan membuat kita memiliki tubuh yang sehat dan otak kita akan lebih cerdas dibandingkan dengan kita merokok. Otak kita tidak akan terkontaminasi dengan racun-racun yang terdapat didalam rokok.
  6. Gigi lebih putih dan nafas lebih segar. Dengan kita berhenti merokok maka gigi kita akan terlihat lebih putih. Disamping gigi menjadi putih nafas kita pun akan lebih segar dan tidak bau rokok lagi.

Dengan tidak merokok kita telah menjaga diri kita dan orang-orang disekitar kita, nah demikianlah artikel tentang Tips dan Trik Agar Berhenti Merokok dan Manfaatnya Tidak Merokok. Semoga Membantu.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment