Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok Di Kalangan Pelajar - Yulidamanda.blogspot.com

Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok Di Kalangan Pelajar

Merokok Di Kalangan Pelajar



Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebiasaan merokok di kalangan pelajar, antara lain sebagai berikut:

1. Pengaruh orang tua

Anak-anak dengan orangtua perokok cenderung akan merokok dikemudian hari, hal ini terjadi paling sedikit disebabkan oleh karena dua hal: Pertama, karena anak tersebut ingin seperti bapaknya yang kelihatan gagah dan dewasa saat merokok. Kedua, karena anak sudah terbiasa dengan asap rokok dirumah, dengan kata lain disaat kecil mereka telah menjadi perokok pasif dan sesudah remaja anak gampang saja beralih menjadi perokok aktif.


2. Pengaruh teman

Lingkungan teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 93,8% terhadap munculnya perilaku merokok pada remaja. Dalam penelitiannya dikatakan bahwa semakin banyak dukungan teman untuk merokok dapat mendorong seseorang untuk semakin menjadi perokok.

3. Faktor kepribadian

Orang mencoba untuk merokok karena alasan ingin tahu atau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik atau jiwa, membebaskan diri dari kebosanan. Namun satu sifat kepribadian yang bersifat prediktif pada pengguna obat-obatan (termasuk rokok) ialah konformitas sosial. Orang yang memiliki skor tinggi pada berbagai tes konformitas sosial lebih mudah menjadi pengguna dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor yang rendah. 

4. Pengaruh iklan 

Reklame atau iklan tembakau diperkirakan mempunyai pengaruh lebih kuat daripada pengaruh orangtua dan teman, dalam penelitian menegaskan bahwa sekitar 52,6% remaja mendapatkan informasi tentang rokok dari iklan terutama iklan di media elektronik.  

5. Jenis kelamin

Pada saat ini, peningkatan kejadian merokok tidak hanya terjadi pada remaja laki-laki. Begitupun dengan wanita, wanita yang merokok dilaporkan menjadi percaya diri, suka menentang dan mandiri.

6. Faktor Lingkungan 

Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap keputusan seseorang untuk merokok, faktor-faktor yang menyebabkan remaja untuk merokok lebih dipengaruhi oleh anggapan apabila mereka merokok:
a. Mereka akan terlihat dewasa.  
b. Menunjukkan bahwa mereka lebih independen.  
c. Mereka akan cepat bersosialisasi.  
d. Menyesuaikan diri dengan teman-teman perokoknya.  
e. Meningkatkan rasa percaya diri mereka.  

7. Faktor Regulatori 

Peningkatan harga jual atau diberlakukannya cukai yang tinggi, diharapkan dapat menurunkan daya beli masyarakat terhadap rokok. Selain itu pembatasan fasilitas merokok dengan menetapkan ruang atau daerah bebas rokok diharapkan dapat mengurangi konsumsi. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat peningkatan kejadian mulainya merokok pada remaja, walaupun telah banyak dibuat usaha-usaha untuk mencegahnya.  

Nah seperti itulah beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok Di Kalangan Pelajar, jauhi merokok karena merusak kesehatan.

CARA AGAR BERHENTI MEROKOK DAN MANFAATNYA

Baca Juga

No comments:

Post a Comment