PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER CLIENT SERVER KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER CLIENT SERVER KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Apa itu Client Server??


Pengertian dari Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA, Contoh kecil nya seperti usaha warnet, server bertindak sebagai pengelola billing (penghitung waktu) atau yang memegang kendali client atau kita sebagai pengguna komputer untuk mencari data.

Baca Juga : TOPOLOGI BUS, KELEBIHAN DAN KELEMAHANNYA

CLIENT SERVER, PENGERTIAN KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
Client - Server

Kelebihan Jaringan Client Server


Adapun kelebihan dari jaringan Client - Server yaitu : 

1. Kontrol Terpusat pada Server

Tidak seperti pada jaringan peer-to-peer dimana tidak ada pusat server yang mengatur client, pada jaringan client server terdapat sebuah server yang bertugas untuk mengontrol akses, resource dan integritas data sehingga program atau client yang tidak sah tidak dapat mengganggu aktivitas didalam jaringan.

2. Backup Terpusat pada Server

Selain itu server juga dapat berperan sebagai pusat backup (master data) pada client, dengan mengatur sistem backup otomatis pada client. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kehilangan data apabila terjadi kesalahan atau kerusakan pada harddisk client.

3. Skalabilitas

Kita dapat dengan mudah menambahkan jumlah komputer atau server pada jaringan client server tanpa menyebabkan pengaruh besar pada jaringan.

4. Kemudahan dalam Perawatannya

Dalam hal melakukan perawatan anda dapat melakukan remote akses, sehingga untuk dapat melakukan perawatan anda tidak harus berada didepan sistem.

5. Peningkatan Security

Server dapat mengatur akses setiap data pada server, dan juga mengatur hak akses dari setiap komputer. Hal ini untuk membatasi aktivitas user sehingga hanya mampu mengakses data yang menjadi haknya dan tidak dapat mengakses data yang bukan haknya.

Kekurangan dari Jaringan Client Server


Berikut ini adalah kekurangan yang ada pada jaringan Client-Server

1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol

Menggunakan server tunggal untuk mengatur resources pada jaringan akan menyebabkan ancaman single point of failure (SPOF), dimana apabila hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan terhentinya seluruh aktivitas pada jaringan tersebut. Jika Komputer Server rusak maka, komputer client juga tidak dapat digunakan.

Seperti contoh server warnet rusak, maka otomatis komputer client tidak dapat log in karena harus menggunakan pasword.

2. Biaya Pengeluaran

Bila dibandingkan dengan jaringan peer-to-peer tentu biaya yang dibutuhkan untuk jaringan client server jauh lebih mahal, sebab untuk membuatnya anda mebutuhkan sebuah super komputer yang berperan sebagai server untuk mengatur jaringan tersebut. Berbeda dengan peer-to-peer dimana tidak membutuhkan server khusus sebab masing-masing komputer dapat berperan sebagai client maupun sebagai server.

Disamping itu untuk menerapkan arsitektur jaringan client server anda membutuhkan seorang teknisi ahli IT khusus untuk membangun dan menjaga server agar dapat melayani client secara terus-menerus.
3. Loading Melambat

Tingginya suatu lalu lintas data pada jaringan client server biasanya akan menyebabkan kelambatan pada server untuk merespon permintaan dari client. Hal tersebut dapat terjadi ketika banyak komputer yang melakukan request data secara bersamaan pada sebuah server.

Hal tersebut sangat fatal sebab dapat menyebabkan server crash dan down sehingga menyebabkan jaringan lumpuh tidak bisa jalan. Oleh karena itu pada server biasanya memberikan aturan batasan request dari suatu client, hal ini untuk menghindari kejadian diatas.

Demikianlah penjelasan Ttentang PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER CLIENT SERVER KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA, untuk penerapan tentunya kita mesti memahami dulu dari sebuah jaringan.

PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI

Baca Juga

No comments:

Post a Comment