MANAJEMEN MEMORI
1. Konsep dasar memori
- Konsep Binding
- Dynamic Loading
- Dynamic Linking
- Overlay
2. Ruang Alamat Logika dan Fisik
3. Swapping
4. Pengalokasian Berurutan (Contiguous Allocation)
5. Pengalokasian Tidak Berurutan (Non Contiguous Allocation)
KONSEP DASAR
- Memori sebagai tempat penyimpanan instruksi/ data dari program.
- Memori adalah pusat kegiatan pada sebuah komputer, karena. setiap proses yang akan dijalankan, harus melalui memori terlebih dahulu.
- Untuk dapat dieksekusi, program harus dibawa ke memori dan menjadi suatu proses.
- Manajemen memori :
- Melacak pemakaian memori (siapa dan berapa besar)
- Memilih program mana yang akan diload ke memori
- Alokasi dan dealokasi memori fisik untuk program/ proses-proses dalam menggunakan address space
- Tugas Sistem Operasi :
- Mengatur peletakan banyak proses pada suatu memori, memori harus dapat digunakan dengan baik à dapat memuat banyak proses dalam suatu waktu .
KONSEP BINDING
- Sebelum eksekusi, program berada di dalam disk, dan saat dieksekusi program tersebut perlu berada pada suatu lokasi dalam memori fisik
- Address Binding adalah cara instruksi dan data (yang berada di disk sebagai file executable) dipetakan ke alamat memori
- Alamat (address) pada source program umumnya merupakan alamat simbolik. Sebuah compiler biasanya membutuhkan “mengikat” (bind) alamat simbolik ke alamat relokasi
- Address Binding dapat berlangsung dalam 3 tahap yang berbeda, yaitu : kompilasi, load atau eksekusi dari suatu program
- Bagaimana Sistem Operasi menempatkan program di memori :
- Kompilasi dan Linking menerjemahkan semua simbol data berdasarkan alamat acuan absolut.
- Proses relokasi (proses mapping program à lokasi memori)
- Jika program berada di memori, maka semua alamat lojik dalam program harus dikonversi ke alamat fisik.
- Statis : relokasi alamat dilakukan sebelum program dijalankan
- Dinamis : relokasi alamat dilakukan pada saat referensi setiap instruksi atau data
DYNAMIC LOADING
- Dengan dynamic loading, suatu routine tidak diload sampai dipanggil. Semua routine disimpan pada disk sebagai format relocatable load
- Mekanisme dasar :
- Program utama diload dahulu dan dieksekusi
- Bila suatu routine perlu memanggil routine yang lain, routine yang dipanggil lebih dahulu diperiksa apakah routine yang dipanggil sudah diload. Jika tidak, relocatable linking loader dipanggil untuk meload routine yang diminta ke memori dan mengupdate tabel alamat dari program yang mencerminkan perubahan ini.
DYNAMIC LINKING
- Linking ditunda hingga waktu eksekusi
- Program-program user tidak perlu menduplikasi system library
- System library dipakai bersama
- Mengurangi pemakaian space : satu rutin library di memori digunakan secara bersama oleh sekumpulan proses
- Contoh : DLL Win32
- Mekanisme menggunakan stub (potongan kecil yang mengindikasikan bagaimana meload library jika routine tidak tersedia saat itu)
- Saat stub dieksekusi, ia akan memeriksa apakah rutin ybs sudah berada di dalam memori(diakses oleh proses lain yang run), kalau belum ada maka rutin tersebut diload
- Stub menempatkan dirinya pada alamat rutin dan mengeksekusi rutin tersebut
- Dynamic Linking membutuhkan beberapa dukungan dari OS, missal:
- Bila proses-proses di memori utama saling diproteksi, maka SO melakukan pengecekan apakah rutin yang diminta berada diluar alamat.
- Beberapa proses diijinkan untuk mengakses memori pada alamat yang sama
- File dynamic linking berekstensi .dll, .sys, .drv.
OVERLAY
- Hanya instruksi dan data yang diperlukan pada suatu waktu yang disimpan di memori
- Overlay diperlukan jika ukuran proses lebih besar dari memori yang dialokasikan untuknya
- Overlay tidak membutuhkan dukungan khusus dari SO
- User dapat mengimplementasikan secara lengkap menggunakan struktur file sederhana
- OS memberitahu hanya jika terdapat I/O yang melebihi biasanya.
Ruang Alamat Logika dan Fisik
- Alamat Logika adalah alamat yang digenerate oleh CPU, disebut juga Alamat Virtual
- Alamat Fisik adalah alamat yang terdapat di memori
- Perlu ada penerjemah (translasi) dari alamat logika ke alamat fisik
- MMU (Memory Management Unit) adalah perangkat keras yang memetakan alamat logika ke alamat fisik
- Dalam Skema MMU :
- Menyediakan perangkat register yang dapat diset oleh CPU: setiap proses mempunyai data set register tersebut (disimpan di PCB)
- Harga dalam register base/relokasi ditambahkan ke setiap alamat proses user pada saat run dimemori
- Program-program user hanya berurusan dengan alamat logika saja
SWAPPING
- Meskipun proses harus berada di memori untuk dieksekusi, tapi proses dapat di swap (tukar) sementara keluar memori ke backing store dan kemudian membawanya kembali ke memori untuk eksekusi lanjutan
- Penukaran dapat terjadi pada lingkungan dengan multiprogramming dengan penjadwalan CPU Round Robin atau Priority.
- Bila waktu kuantum habis atau proses yang datang mempunyai prioritas lebih tinggi, maka memory manager akan mulai swap out proses yang telah selesai atau proses yang yang prioritasnya lebih rendah dan swap in proses lainnya ke memori.
Skema Swapping
- Pada umumnya sebuah proses yang di swap out akan menukar kembali ke ruang memori yang sama dengan sebelumnya
- Penukaran membutuhan sebuah backing storage
- Bila CPU Scheduler memutuskan untuk mengeksekusi proses, OS memanggil dispatcher
- Dispatcher memeriksa untuk melihat apakah proses selanjutnya pada ready queue ada di memori
- Jika tidak dan tidak terdapat cukup memori bebas, maka dispatcher swap out sebuah proses yang ada di memori dan swap in proses tersebut.
Memori dan Proses
- Monoprogramming à hanya ada satu proses di memori dan sistem operasi
- Multiprogramming à lebih dari satu proses siap di memori
- Alokasi memori dengan partisi tetap untuk setiap proses
- Alokasi memori dengan partisi beragam sesuai besarnya proses.
- Alokasi memori dibantu dengan disk (swap area), proses dapat berpindah dari memori ke disk.
- Virtual memori.
PENGALOKASIAN MEMORI
- Salah satu tanggung jawab Sistem Operasi adalah mengontrol akses ke sumber daya sistem. Salah satunya adalah memori
- Pengalokasian memori dibagi 2 tipe, yaitu :
- Pengalokasian berurutan (Contiguous Allocation)
- Pengalokasian tidak berurutan (Non Contiguous Allocation).
CONTIGUOUS ALLOCATION
- Pada Multiprogramming memori utama harus mengalokasikan tempat untuk sistem operasi dan beberapa user proses
- Memori harus mengakomodasi baik OS dan proses user
- Memori dibagi menjadi 2 partisi :
- Untuk OS yang resident
- Untuk Proses User
- Ada 2 tipe Contiguos Allocation :
- Single Partition (Partisi Tunggal)
- Multiple Partition (Partisi Banyak)
- Single Partition (Partisi Tunggal)
- Pada skema ini, diasumsikan OS ditempatkan di memori rendah, dan proses user dieksekusi di memori tinggi
- Proteksi dapat dilakukan dengan dengan menggunakan register relokasi dan register limit
- Register relokasi à berisi nilai dari alamat fisik terkecil
- Register Limit à berisi jangkauan alamat logika
- Alamat logika harus lebih kecil dari register limit
- Multiple Partition (Partisi Banyak)
- Ruang kosong à blok memori yang tersedia, ruang kosong dengan berbagai ukuran tersebar pada memori
- Proses akan dialokasikan memori pada ruang kosong yang cukup besar untuk ditempatinya
- OS akan mengelola informasi mengenai :
- Partisi yang dialokasikan
- Partisi bebas (ruang kosong)
- Contoh multiple allocation
- Multiple Partition (Partisi Banyak)
- Ada 2 skema dalam Multiple Partition Allocation:
- Partisi Fixed Size (MFT)
- Memori dibagi menjadi beberapa blok dengan ukuran tertentu yang seragam
- Setiap partisi berisi tepat 1 proses
- Digunakan oleh IBM OS/360 yang disebut Multiprogramming with a Fixed number of Task (MFT)
- Masalah yang muncul pada MFT :
- Sifat Program dinamis (alokasi dan dealokasi)
- Memori yang teralokasi mungkin lebih besar dari memori yang diminta, sehingga mengakibatkan fragmentasi internal
MULTIPLE PARTITION
- Partisi variable Size (MVT)
- Pembagian memori sesuai dengan request dari proses-proses yang ada
- Peranan memori manajemen semakin penting : list dari partisi yang digunakan, free dll
- Masalah pada MVT :
- Terjadi fragmentasi external
- Ruang memori free tapi tidak contiguous
- Hole-hole ada diantara proses
- Tidak dapat digunakan karena proses terlalu besar untuk menggunakannya
- Pada MVT OS akan menyimpan tabel yang berisi bagian memori yang tersedia dan yang digunakan:
- Mula-mula,semua memori tersedia untuk proses user sebagai satu blok besar (large hole)
- Bila proses datang dan memerlukan memori, dicari hole yang cukup untuk proses tersebut
- Bila ditemukan, memory manager akan mengalokasikan sejumlah memori yang dibutuhkan dan menyimpan sisanya untuk permintaan berikutnya
- Contoh :
- Diasumsikan tersedia memori 2560 Kb dan untuk OS 400 Kb. Sisa 2160 Kb digunakan untuk user proses
- Diasumsikan terdapat 5 job (P1 s/d P5) terdapat pada input queue. Diasumsikan penjadwalan FCFS digunakan untuk load job ke memori. Penjadwalan CPU secara Round Robin (quantum time =1) untuk penjadwalan job yang sudah ada di memori Menggunakan MVT, terdapat beberapa kali hole untuk ukuran berbeda
- Bila proses datang dan memerlukan memori, dicari dari hole yang cukup untuk proses
- Dynamic Storage Allocation dapat dilibatkan untuk memenuhi permintaan ukuran n dari hole bebas :
- First Fit a alokasi hole yang pertama yang memenuhi permintaan
- Best Fit a alokasi hole terkecil yang memenuhi permintaan. Dalam stratagi ini memerlukan pencarian keseluruhan hole, kecuali bila ukuran sudah terurut
- Worst Fit a alokasi hole terbesar. Strategi ini memerlukan pencarian keseluruhan hole, kecuali bila ukuran sudah terurut
- Diantara algoritma diatas, first fit dan best fit lebih baik dibandingkan worst fit dalam hal menurunkan waktu dan utilitas penyimpanan. Dan First Fit lebih cepat
- Diantara algoritma diatas, first fit dan best fit lebih baik dibandingkan worst fit dalam hal menurunkan waktu dan utilitas penyimpanan. Dan First Fit lebih cepat
CONTIGUOUS ALLOCATION SISTEM BUDDY
- Sistem Buddy merupakan cara mengelola memori utama dengan memanfaatkan kelebihan penggunaan bilangan biner (2k; k = 0,1,2 … )
- Contoh :
- Suatu memori utama pada awalnya memiliki satu lubang besar berukuran 1 Mbyte.Jika suatu proses A berukuran 90 Kbyte memasuki memori, maka permintaan tersebut dialokasikan ke lokasi terdekat yaitu 128 kbyte, karena tidak ada, maka blok 1 Mbyte dipecah menjadi 2, masing-masing berukuran 512 kbyte
FRAGMENTASI EXTERNAL & INTERNAL
- Fragmentasi external terjadi pada situasi dimana terdapat cukup ruang memori total untuk memenuhi permintaan, tetapi tidak dapat langsung dialokasikan karena tidak berurutan
- Fragmentasi Internal terjadi pada situasi dimana memori yang dialokasikan lebih besar daripada memori yang diminta, sehingga terdapat sebagian memori untuk satu partisi tertentu yang tidak digunakan
- Lubang-lubang kecil diantara blok-blok memori yang digunakan dapat diatasi dengan memori compaction
- Memori Compaction adalah operasi menggabungkan semua lubang kecil menjadi satu lubang besar dengan memindahkan semua proses agar proses saling berdekatan
NON CONTIGUOS ALLOCATION
- Paging
- Paging adalah solusi untuk permasalahan fragmentasi external
- Memori fisik dibagi ke dalam blok-blok ukuran tetap yang disebut “frame”
- Memori logika dibagi ke dalam blok-blok dengan ukuran yang sama yang disebut “page”
- Untuk menjalankan program berukuran n page, harus dicari frame kosong sebanyak n untuk meload program
- Page table digunakan untuk translasikan alamat lojik ke alamat fisik
NON CONTIGUOUS ALLOCATIONPAGING
- Alamat yang dibangkitkan CPU dibagi menjadi :
- Page number (p) Ã digunakan sebagai index ke page table. Page table berisi alamat basis dari setiap page pada memori fisik
- Page Offset (d) Ã dikombinasikan dengan alamat basis untuk mendefinisikan alamat memori fisik yang dikirim ke unit memori
- Skema translasi alamat
- Model Paging
- Ukuran page atau frame ditentukan oleh hardware
- Ukuran page merupakan bilangan 2 pangkat k mulai 512 sampai 8192 tergantung arsitektur komputer
NON CONTIGUOUS ALLOCATION SEGMENTASI
- Segmentasi
- Segmentasi adalah skema pengaturan memori yang mendukung user untuk melihat memori tersebut
- Tiap-tiap segmen memiliki nama dan panjang.
- Pandangan user mengenai memori:
- Dukungan Hardware :
- Pemetaan ke alamat fisik dilakukan dengan menggunakan tabel segmen, masing-masing berisi base dan limit
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
1. Konsep dasar memori
- Konsep Binding
- Dynamic Loading
- Dynamic Linking
- Overlay
2. Ruang Alamat Logika dan Fisik
3. Swapping
4. Pengalokasian Berurutan (Contiguous Allocation)
5. Pengalokasian Tidak Berurutan (Non Contiguous Allocation)
KONSEP DASAR
- Memori sebagai tempat penyimpanan instruksi/ data dari program.
- Memori adalah pusat kegiatan pada sebuah komputer, karena. .setiap proses yang akan dijalankan, harus melalui memori terlebih dahulu.
- Untuk dapat dieksekusi, program harus dibawa ke memori dan menjadi suatu proses.
- Manajemen memori :
- Melacak pemakaian memori (siapa dan berapa besar)
- Memilih program mana yang akan diload ke memori
- Alokasi dan dealokasi memori fisik untuk program/ proses-proses dalam menggunakan address space
- Tugas Sistem Operasi :
- Mengatur peletakan banyak proses pada suatu memori, memori harus dapat digunakan dengan baik à dapat memuat banyak proses dalam suatu waktu .
KONSEP BINDING
- Sebelum eksekusi, program berada di dalam disk, dan saat dieksekusi program tersebut perlu berada pada suatu lokasi dalam memori fisik
- Address Binding adalah cara instruksi dan data (yang berada di disk sebagai file executable) dipetakan ke alamat memori
- Alamat (address) pada source program umumnya merupakan alamat simbolik. Sebuah compiler biasanya membutuhkan “mengikat” (bind) alamat simbolik ke alamat relokasi Address Binding dapat berlangsung dalam 3 tahap yang berbeda.
SARAN
- Dalam sistem dengan memori utama, program-program dalam memori harus mampu berada di berbagai bagian dari memori pada waktu yang berbeda. Hal ini karena ketika program swap kembali ke dalam memori setelah menukar untuk sementara tidak selalu dapat ditempatkan di lokasi yang sama
- Proses seharusnya tidak dapat mengatur memori untuk proses lain tanpa izin. Hal ini disebut proteksi memori, dan mencegah kode berbahaya atau tidak berfungsi dalam salah satu program yang mengganggu pengoperasian program yang sedang berjalan lainnya
- Meskipun memori untuk proses yang berbeda biasanya dilindungi dari satu sama lain, kadang-kadang perlu proses yang berbeda untuk dapat berbagi informasi dan akses yang sama karena itu bagian dari memori. Shared memory adalah salah satu teknik tercepat untuk Inter-proses komunikasi.
Sekian makalah tentang manajemen memori sistem operasi, semoga artikel menjawab apa yang kawan-kawan cari dan semoga bermanfaat ya.
Baca Juga :
No comments:
Post a Comment