Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

KOMUNITAS

Komunitas

Komunitas ialah suatu kumpulan berupa anggota yang saling berkaitan dan setiap anggota memiliki rasa yang memiliki, dan percaya bahwa komunitas tersebut akan terus berjalan jika para anggotanya memiliki komitmen untuk terus berjalan bersama.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

1.    Hendro Puspito

Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama (Rahadianto, 2010).

2.    Soenarno
Menurut Soenarno, pengertian komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional (Rahadianto, 2010).

3.    Kertajaya Hermawan

Menurut Kertajaya Hermawan, komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Rahadianto, 2010).
4.    Etienne Wenger

Menurut Etienne Wenger, pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya (Rahadianto, 2010).

5.    Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Menurut Paul B. Horton & Chaster L. Hunt, arti komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi (Rahadianto, 2010).

6.    Christensson dan Robinson

Menurut Christensson dan Robinson, pengertian komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya (Rahadianto, 2010).

7.    Vanina Delobelle

Menurut Vanina Delobelle, definisi suatu komunitas adalah group beberapa orang yang berbagi minat yang sama, yang terbentuk oleh 4 faktor, yaitu:
1)   Komunikasi dan keinginan berbagi : Para anggota saling menolong satu sama lain.
2)   Tempat yang disepakati bersama untuk bertemu.
3)   Ritual dan kebiasaan: Orang-orang datang secara teratur dan periode.
4)   Influencer Influencer merintis sesuatu hal dan para anggota (Rahadianto, 2010).

8.    Wenger.

Menurut Wenger Komunitas adalah sebuah kelompok sosialdari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa (Rahadianto, 2010).

9.    Christensson dan Robinson

Definisi komunitas adalah kelompok masyarakat yang tinggal di wilayah geografis yang sama untuk melakukan kegiatan dan aktivitas sosial, ekonomi, dan tindakan lainnya sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat. Arti ini memeberikan pandangan bahwa komunitas harus memiliki tujuan yang sama (Rahadianto, 2010).

Demikianlah Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment