OLIGOPOLI ADALAH, PENGERTIAN DAN SEBAB TERJADINYA OLIGOPOLI - Yulidamanda.blogspot.com

OLIGOPOLI ADALAH, PENGERTIAN DAN SEBAB TERJADINYA OLIGOPOLI

APA ITU OLIGOPOLI

Oligopoli adalah salah satu bentuk pasar di mana beberapa perusahaan atau penjual menjual produk atau jasa yang distandardisasi atau didiferensiasi. jika suatu perusahaan tersebut hanya ada dua disebut duo-poli. jika produknya benar-benar homogen disebut oligopoli murni (pure oligopoly). jika produknya didiferensiasi disebut oligopoli diferensiasi (differentiated oligopoly).

Baca Juga : Manfaat-Manfaat Manajemen Strategis||Ekonomi

Didalam pasar oligopoli terdapat hanya sedikit perusahaan contohnya, beberapa industri yang cenderung berbentuk pasar oligopoli murni: baja, alumunium, indsutri alkohol, semen, rayon dan lainnya. Produk yang termasuk produk diferensiasi: otomobil, sigaret, barang elektronik, pasta gigi dan lainnya. Karena hanya sedikit perusahaan dalam pasar berbentuk oligopoli ini, maka tindakan yang dilakukan suatu perusahaan akan mempengaruhi perusahaan lainnya dalam industri itu dan sebaliknya, misalnya : perusahaan otomobil Honda memberi rabat harga dalam penjualan produknya, maka Toyota dan Mitsubisi akan mengikuti dengan potongan harga dari produknya. Jelaslah bahwa oligopoli perusahaan saling tergantung/saling berhubungan atau bisa juga terjadi rivalitas antara perusahaan dalam industri tersebut. Setiap oligopoli harus mempertimbangkan reaksi kemungkinan yang akan terjadi ketika menentukan harga, tingkat diferensiasi dari produk yang akan dijual.


OLIGOPOLI ADALAH, PENGERTIAN DAN SEBAB
Oligopoli

Sebab Terjadinya oligopoli:

  1. Adanya usaha dari perusahaan untuk berproduksi didasarkan atas economies of scale. agar usahanya menguntungkan, perusahaan harus besar untuk memperoleh biaya produksi rata-rata yang rendah.
  2. Investasi dalam perusahaan ini memerlukan dana yang besar.
  3. Sedikit perusahaan yang mempunya hak paten atau property right, untuk memproduksi produk tersebut.
  4. Hanya sedikit perusahaan yang bisa melakukan dan menjaga kualitas yang baik.
  5. Sedikit perusahaan yang bisa mengontrol atau menguasai keseluruhan suplai bahan-bahan/material yang dibutuhkan.
  6. Pemerintah biasanya membatasi dengan pemberian izin/lisensi kepada sedikit perusahaan yang boleh masuk dalam pasar produk ini.

Dengan adanya sebab tersebut, dapat pula merupakan penghalang (barriers) untuk bisa masuk dalam indsutri ini. Penghalang lainnya untuk bisa masuk dalam industri ini ialah "limit pricing" yang ditentukan oleh perusahaan dalam industri tersebut. Perusahaan yang telah ada akan menentukan harga cukup rendah untuk mencegah dari perusahaan baru lain masuk dalam industri ini.

demikianlah penjelasan singkat tentang oligopoli, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred Marshall's

Baca Juga

No comments:

Post a Comment