Pengertian Merek dan Loyalitas Merek Menurut Para Ahli - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian Merek dan Loyalitas Merek Menurut Para Ahli

MEREK

Pengertian Merek Menurut Kotler (2002:357) adalah :

Merek adalah tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari semua ini yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu atau kelompok penjual dan membedakannya dari produk pesaing.

Sedangkan menurut pendapat Kertajaya (2005:182):

Merek tidak sekedar nama. Bukan juga sebuah logo atau simbol. Merek adalah payung yang merepresentasikan produk atau layanan. Merek merupakan cerminan Value yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.
Beradasarkan pendapat yang dikemukan para ahli diatas maka merek disamping menjadi identitas produk yang membedakan dengan produk-produk pesaing tetapi juga memberi manfaat baik bagi pembeli, penjual maupun bagi masyarkat.

Pengertian Merek dan Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
Merek
Loyalitas merek merupakan suatu ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih merek produk yang lain terutama jika pada merek tersebut didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga maupun atribut lain. (Durianto, 2001:126).

Sedangkan Pengertian Loyalitas Merek Menurut Oliver dalam Tjiptono (2005:387) mengemukan bahwa:
Loyalitas merek adalah komitmen yang dipegang teguh untuk membeli ulang atau berlangganan dengan produk/jasa yang disukai secara konsisten di masa mendatang, sehingga menimbulkan pembelian merek yang sama secara berulang meskipun pengaruh situasional dan upaya pemasaran berpotensi menyebabkan perilaku beralih merek."

Konsumen akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkan dengan harga yang wajar selain itu para penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk jika produk tersebut mudah didapatkan saat dibutuhkan, dan yang tidak kalah penting loyalitas terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengkomunikasikan kebaikan-kebaikan produknya.

Menurut Assael (1992:28) Istilah loyalitas lebih mengimplementasikan sebuah komitmen daripada sekedar pembelian berulang. Fakta menunjukan bahwa dengan sikap dan perilaku akan menghasilkan suatu gambaran loyalitas merek yang diterima. Namun demikian terdapat beberapa karakteristik umum yang bisa diidentifikasikan apakah seorang konsumen mendekati loyal atau tidak.

Menurut Durianto (2001:28) tingkatan loyalitas merek mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah sebagai berikut:
  1. Switcher (Berpindah-pindah)
  2. Habitual Buyer (Pembeli yang bersifat kebiasaan)
  3. Satisfied Buyer (Pembeli yang puas dengan biaya peralihan)
  4. Liking the Brand (Menyukai Produk)
  5. Commited buyer (Pembeli yang berkomitmen)
Baca Juga : PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI

Demikianlah penjelasan dari Merek menurut para ahli, jika ada kesalahan, kekurangan dalam penulisan kami mohon maaf.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment