PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI

IKLAN


Iklan yang efektif tentulah sangat membantu para konsumen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terhadap pengenalan suatu merek produk atau barang. Penyampaian informasi melalu iklan harus dilakukan dengan sangat baik dan interaktif agar konsumen merasa tertarik dan terpengaruh akan informasi yang diberikan. Berikut pengertian iklan menurut para ahli.

PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI
Iklan

Pengertian Iklan menurut Philip Kotler (1998:235) :

Periklanan adalah segala bentuk penyajian non-personal dan promosi ide, barang, jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Menurut Shimp (2000):

Iklan merupakan suatu investasi ekonomis, dan kebanyakan perusahaan dan organisasi non profit, iklan merupakan sebuah investasi yang dianggap sangat menguntungkan.

Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang, kritis yaitu:

Menurut (Shimp,2000) :
  1. Menginformasikan : Iklan membuat konsumen sadar akan adanya produk baru, memberikan informasi mengenai merek tertentu. Pada tahap awal dari kategori produk, iklan sangat diperlukan untuk membangun permintaan primer (kotler).
  2. Membujuk : Tujuan ini sangatlah penting untuk persaingan, dimana perusahaan ingin membangun permintaan selektif untuk produk tertentu (Kotler,2000:578). Iklan yang efektif akan membujuk konsumen untuk mencoba menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk.
  3. Mengingatkan : Iklan dapat membuat konsumen tetap ingat pada merek atau produk dari suatu perusahaan. Iklan dengan tujuan mengingatkan ini sangat penting untuk produk matang (Kotler,2000:579).
  4. Memberikan nilai tambah : Iklan memberikan nilai tambah terhadap produk dan merek tertentu dengan cara mempengaruhi persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan memberikan nilai tambah produk sehingga produk dipersepsikan lebih mewah, lebih bergaya, lebih bergengsi, bahkan melebihi apa yang ditawarkan oleh produk lain.
  5. Mendukung usaha promosi lainnya : Dapat digunakan sebagai alat pendukung usaha promosi lainnya seperti sebagai alat untuk menyalurkan sales promotion, pendukung sales representative, meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya.
Baca Juga : 

Demikianlah penjelasan dari penting iklan bagi sebuah perusahaan, untuk mempromosikan suatu produk agar lebih banyak dikenal dikalangan masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment