REKSADANA, PENGERTIAN DAN TUJUANNYA - Yulidamanda.blogspot.com

REKSADANA, PENGERTIAN DAN TUJUANNYA

Apa itu Reksadana??

Reksadana adalah pengumpulan dana dari berbagai lembaga investor atau perorangan yang akan di investasikan ke dalam berbagai media investasi contoh pasar modal, pasar uang, kurs mata uang asing dan properti.

REKSADANA, PENGERTIAN DAN TUJUANNYA
Reksadana
Jenis Rekasadana

Berdasarkan tujuan investasinya, maka perusahaan dana bisa dibedakan menjadi berbagai jenis, yaitu:
Baca Juga : DEFINISI DAN PENGERTIAN INVESTASI
  1. Dana pertumbuhan yang berusaha untuk memperoleh capital gain yang yang lumayan besar.
  2. Dana perkembangan pendapatan yang mendapatkan pendapatan dan capital gain dari saham biasa.
  3. Dana keseimbangan yang mengutamakan penganekaragaman jenis efek seperti saham biasa, saham preferen, obligasi dan sekuritas dengan harapan akan mendapatkan dividen, bunga dan capital gain.
  4. Dana pendapatan yang mengkhusukan kepada efek yang memberikan bunga dan dividen yang tinggi.
  5. Dana khusus industri yang mengkhususkan investasi pada saham industri tertentu seperti rumah sakit, penerbangan dan sumber daya alam atau energi.

Berdasarkan ciri umum



Ada dua tipe reksadana berdasarkan ciri umumnya yaitu: Reksadana tertutup dan reksadana terbuka.
  1. Reksadana tertutup: Mengapa dikatakan reksadana tertutup? Karena saham yang dikeluarkan tidak dapat dibeli kembali (redeem) oleh perusahaan yang mengeluarkan. sehingga sifat modalnya terbatas atau tetap.
  2. Reksadana terbuka: Disebut reksadana terbuka karena sifat saham ini dapat dibeli kembali oleh perusahaan reksadana yang mengeluarkannya (meredem). dengan kata lain, reksadan tidak memiliki modal tetap karena bisa berubaha tergantung dari hasil pembelian dan penjualannya.
Pendirian Reksadana

Proses perizinan usaha reksadana yaitu izin prinsip ini diberikan dalam jangka waktu satu tahun, yang bertujuan agar promotor bisa mempersiapkan diri guna melengkapi semua persyaratan sebagai perusahaan reksadana.
Izin usaha akan diberikan setelah perusahaan reksadana dianggap siap melakukan operasinya, termasuk ikatan kerja manajer investasi dan berbagai kontraktor.

Tujuan

Reksadana bertujuan untuk mendapatkan hasil usaha melalui pengelolaan dana. yang dihimpun dari para pemodal atau investor atau penjualan saham perusahaan itu. Adapun tujuan lainnya, untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat guna berpartisipasi di pasar modal. dan tentunya penggunaan dana tersebut bisa diinvestasikan pada berbagai media investasi
Baca Juga : PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Demikianlah penjelasan tentang apa itu reksadana, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment