LATIHAN SOAL MANAJEMEN DISTRIBUSI ESSAY LENGKAP DENGAN JAWABAN - Yulidamanda.blogspot.com

LATIHAN SOAL MANAJEMEN DISTRIBUSI ESSAY LENGKAP DENGAN JAWABAN

SOAL ESSAY MANAJEMEN DISTRIBUSI

  1. Jelaskan hakekat manajemen distribusi?
  2. Jelaskan berbagai faktor saluran distribusi?
  3. Ungkapkan contoh saluran distribusi yang saudara ketahui?
  4. Jelaskan pengertian dari Distribusi?
  5. Sebutkan Kelebihan dan Kelemahan Zero Stage, One Stage, Two Stage?
  6. Sebutkan Macam-macam Distribusi?



LATIHAN SOAL MANAJEMEN DISTRIBUSI ESSAY LENGKAP DENGAN JAWABAN
Marketing
Baca Juga : 

JAWABAN

  1. Distribusi merupakan penyampaian barang atau jasa dari produsen hingga ketangan konsumen dalam keadaan baik dan tepat waktu untuk memenuhi keinginan konsumen. Strategi diperlukan dalam hal manajemen distribusi mencakup 5W + 1H (who, what, where, when, why, how).
    1. Who (siapa) merupakan distributo yang harus mempertimbangkan siapa yang akan mendistribusikan produknya. apakah distributor menyalurkan produknya secara langsung atau bisa jadi distributor menyalurkan produknya melalui pedagang perantara.
    2. What (apa) yang berarti distributor harus mempertim bangkan apa saluran distribusi yang akan digunakan dalam mendistribusikan produknya hingga sampai kepada konsumennya.
    3. Where (dimana) berarti distributor harus mempertimbangkan dan kemana produk akan di distribusikan. apakah akan di distribusikan di dalam kota, atau di luar kota, desa atau dikota, di dalam negeri atau diluar negeri. hal ini harus di pertimbangkan oleh distributor dalam menyalurkan produknya.
    4. When (kapan) yang berhubungan dengan waktu, berapa lama waktu yang digunakan untuk menyalurkan produk dan kapan waktu yang tepat untuk menyalurkan produk. hal ini harus di pertimbangkan oleh distributor, semakin banyak produk yang akan di distirbusikan semakin membutuhkan waktu yang lama untuk mendiskusikannya. hal ini yang harus diatasi oleh distributor dalam menyalurkan produknya.
    5. Why (mengapa) Distributor harus mengetahui mengapa memilih saluran distribusi yang telah dipilih. Distributor tidak boleh salah memilih apabila tidak menginginkan kerugian. mengapa harus ada manajemen distribusi? karena adanya perbedaan antara penjual dan pembeli.
    6. How (Bagaimana) Distributor harus mempertimbangkan bagaimana cara menyalurkan produknya apakah melalui trahao zero, stage, one stage, atau juga there stage.
  2. Dibagi menjadi 3 bagian yaitu : 
      • Faktor utama yang terdiri dari:
    1. Volume penjualan, Distributor harus menentukan volume produk yang akan didistribusikan, apabila produknya yang akan di distribusikan jumlahnya sedikit maka media atau saluran distribusi yang diperlukan juga sedikit, mungkin bisa dilakukan secara langsung antara produsen ke konsumen, akan tetapi apabila volume produknya banyak maka saluran distribusi yang akan digunakan juga lebih banyak, bisa dilakukan melalui pedagang besar atau pedagang eceran sebelum produk tersebut sampai ke tangan konsumen.
    2. Biaya distribusi, biaya disini berkaitan dengan keuangan, produsen-produsen harus memperhitungkan berapa biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan dalam mendistribusikan produknya hingga akhirnya sampai kepada konsumen. semakin banyak yang akan didistribusikan, semakin besar juga biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan, begitu juga sebaliknya.
    3. Margin selisih, antara pengeluaran dan laba yang akan didapatkan semakin besar marginnya maka semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan.
      • Faktor Khusus yang terdiri dari:

    1. Sifat barang, sifat barang disini seperti ada yang tahan lama atau tidak tahan lama, ada yang mudak busuk dan tidak mudah busuk hal ini harus dipertimbangkan oleh produsen sebelum mendistribusikan produknya. Jika produk yang di distribusikan adalah buah-buahan atau sayur-sayuran akan lebih baik apabila pendistribusiannya baik tidak dilakukan lama karena sifat buah-buahan atau sayur-sayuran adalah mudah busuk, berbeda apabila yang ingin di distribusikan adalah furniture, mobil, motor karena sifatnya yang tahan lama maka produsen bisa menggunakan pedagang perantara dalam pendistribusiannya.
    2. Ada tidaknya kerjasama, ada atau tidaknya kerja sama antara perusahaan dan saluran distribusi juga menjadi penyalurnya semakin banyak penyalur maka semakin banyak juga produk yang akan didistribusikan.
    3. Selera Pimpinan.

      • Lain-Lain:

    1. Segmen Pasar yang dituju, Dalam pendistribusian produsen harus mempertimbangkan segmen pasar yang akan dituju sebelum mendistribusikan. Apakah pasar lokal, global, nasional, regional, atau internasional.
  3. Contoh Saluran Distribusi:
    1. Zero stage, Produsen-konsumen : merupakan saluran distribusi langsung yang paling sederhana dan pendek karena tanpa menggunakan perantara dalam penyalurannya, contohnya: salon, rumah makan, warnet dan lainnya.
    2. One stage, Produsen-Pengecer-Konsumen: Merupakan saluran distribusi dimana pihak produsen langsung melayani pihak pengecer dan pihak konsumen bisa membeli produk pada pengecer saja. Contohnya : Koran, minuman. dll.
    3. Two stage, Produsen-Pedagang Besar-Pengecer-Konsumen : Merupakan saluran distribusi dimana pihak produsen hanya menjual produk dalam jumlah besar kepada pedagang besar, sehingga pengecer hanya di layani oleh pedagang besar dan pihak konsumen bisa membeli produk pada pengecer saja. Contoh : Mie Instan, Sayuran, Minuman, dll.
    4. There Stage, Produsen-Agen-Pengecer-Konsumen : Merupakan saluran distribusi dimana produsen memasarkan produknya melalui agen, dan agen yang melayani para pengecer besar, dan konsumen bisa memperoleh produk dari pengecer besar, contohnya : Mobil, Hp, Komputer, dll.
  4. Distribusi adalah Proses yang menunjukan penyaluran barang dari Produsen ke Konsumen.
  5. Kelebihan dan Kelemahan Zero stage, One stage, Two stage :
      • Zero stage : Kelebihannya, Barang lebih cepat sampai ke konsumen, Efisiensi waktu, Harganya lebih murah, Mengguntungkan produsen karena lebih menghemat biaya. Kelemahannya: Merepotkan produsen dalam penyaluran, sulit didapatkan bila terdapat perbedaan keinginan antara produsen dan konsumen.
      • One stage : Kelebihannya, Wilayah distribusinya banyak, margin semakin besar. Kelemahannya, Keuntungan dibagi kepada pedagang perantara.
      • Two stage : Kelebihannya, Wilayah distribusi semakin banyak, produk yang disalurkan semakin banyak, magin semakin besar. Kelemahannya, Keuntungan dibagi kepada pedagang perantara.
  6. Macam-macam Distribusi ialah:

      • Distribusi Langsung (Jangka Pendek)
      • Distribusi Tidak Langsung (Jangka Panjang)
      • Distribusi Semi Langsung
LATIHAN SOAL MANAJEMEN DISTRIBUSI ESSAY LENGKAP DENGAN JAWABAN
Marketing

Demikianlah contoh soal tentang LATIHAN SOAL MANAJEMEN DISTRIBUSI ESSAY LENGKAP DENGAN JAWABAN, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment