KUMPULAN CONTOH SOAL DAN JAWABAN SDH AGRIBISNIS - Yulidamanda.blogspot.com

KUMPULAN CONTOH SOAL DAN JAWABAN SDH AGRIBISNIS

SOAL DAN JAWABAN SUMBER DAYA HUTAN AGRIBISNIS
Sumber Daya Hutan

Soal

  1. Carilah data dengan studi pustaka atau dengan pengamatan langsung di lapangan bagaimana kondisi sumberdaya hutan di Indonesia?
  2. Bagaimana prinsip-prinsip pengelolaan hutan yang berlandaskan kepada prinsip-prinsip berkelanjutan?
  3. Bagaimana tanggapan anda tentang Program Kemasyarakatan Hutan (HKm)?
  4. Jika anda sebagai pembuat kebijakan bagaimana tanggapan dan kebijakan yang anda keluarkan tentang pembalakan liar?

Jawaban

  1. Hasil dari diskusi sumber daya hutan kami adalah hutan wisata Pinus di Lampung Barat. Sumber daya hutan ini dimanfaatkan secara umum menjadi sumber petukaran ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Sebagai tempat wisata, kondisi-kondisi hutan secara menyeluruh dirawat dengan baik. Manfaat-manfat yang diberikan dari hutan wisata pinus ini telah tersampaikan dengan baik secara tangible dan intangible. Secara tangible, hutan pinus ini memberi hasil hutan berupa biji pinus yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang menarik. Secara intangible, hutan wisata pinus ini memberikan sumber pendapatan, kenyamanan lingkungan dan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar 
  2. Hutan sebagai salah satu aspek penyeimbang lingkungan bumi sangat penting untuk dikelola berdasarkan prinsip-prinsip berkelanjutan. Prinsip-prinsip berkelanjutan ialah sebagai berikut : (1) melakukan tebang pilih ketika akan menebang pohon, (2) melakukan reboisasi kembali (3) menjaga fungsi hutan lindung sebagai area konservasi dan mengeskploitasi sumberdaya hutan secara bertanggung jawab, dan (4) menjaga keseimbangan vegetasi di hutan untuk menjaga cadangan air, tanah, dan habitat makhluk hidup. (Khosim dan Lubis, 2006)
  3. Hutan Kemasyarakatan (HKm) adalah hutan milik Negara dengan sistem pengelolaan hutan yang bertujuan memberdayakan masyarakat. Menurut kami, adanya program HKm ini memiliki dampak perekonomian yang bagus di masyarakat sekitarnya. Hal ini dapat memicu pertukaran ekonomi, penyerapan tenaga kerja, sumber pendapatan, dll. Apabila dijaga dan dirawat dengan baik, program ini pun dapat memberikan manfaat tangible maupun intangible bagi masyarakat yang mengelola dan sekitarnya.
  4. Pembalakan liar atau illegal logging merupakan suatu perkara serius yang mengambil sumber daya hutan dengan tanpa izin. Perbuatan ini memberikan dampak yang kompleks bagi lingkungan maupun ke masyarakat sekitar. Perbuatan ini harus dihindari dengan menekankan peraturan UU nomor 18 tahun 2013 yang menjelaskan tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Lalu adapun kebijakan yang diberikan adalah memberikan insentif dan mengayomi untuk memberdayakan sumber daya hutan secara sepenuhnya.

Oleh : Medi Muhdani Dan Kawan-Kawan.

Demikianlah kumpulan contoh soal dan jawaban SDH AGRIBISNIS semoga artikel ini membantu dalam pemberian informasi.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment