METODE/ CARA PENETAPAN HARGA LENGKAP MENURUT PARA AHLI - Yulidamanda.blogspot.com

METODE/ CARA PENETAPAN HARGA LENGKAP MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN HARGA MENURUT PARA AHLI

Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai tukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut (Kotler, 2001).

Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa (Tjiptono, 2008).

Harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga adalah salah satu faktor penting bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Monroe, 1990).

METODE/ CARA PENETAPAN HARGA LENGKAP MENURUT PARA AHLI



METODE PENETAPAN HARGA , PENGERTIAN, TUJUAN, FAKTOR
Penetapan harga
Faktor-faktor yang menentukan kebijakan penetapan harga terdiri dari :
  1. Memilih tujuan penetapan harga.
  2. Menentukan permintaan.
  3. Memperkirakan biaya.
  4. Menganalisa biaya, harga dan tawaran pesaing.
  5. Memilih metode penetapan harga.
  6. Memilih harga akhir.

Proses penetapan harga dapat disesuaikan dengan keadaan perusahaan dan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan empat indikator yang mencirikan harga yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat produksi (Peter dan Olson, 2000).

Tujuan Penetapan Harga

Perusahaan memerlukan sasaran penetapan harga yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Sasaran penetapan harga yang berorientasi keuntungan, ditentukan dari harga di mana total pendapatan harus lebih besar daripada biaya. Selain itu dapat juga dilihat dari target pengembalian investasi (ROI) yang dihitung dengan rumus: 
    • Pengembalian Investasi = Keuntungan Bersih setelah pajak
                                                     Total Aktiva

2. Sasaran penetapan harga berorientasi penjualan, didasarkan pada pangsa pasar dan maksimalisasi penjualan dari produk yang akan menimbulkan keuntungan bagi suatu perusahaan.

3. Sasaran penetapan harga status quo, yaitu penetapan harga yang digunakan untuk mempertahankan harga yang telah ada atau menyesuaikan diri dengan harga persaingan (lamb dkk, 2001).

Tujuan Penetapan Harga

1. Mempertahankan kelangsungan operasi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan menetapkan harga suatu produk dari biaya yang telah dikeluarkan, sehingga harga tersebut dapat menutupi biaya agar perusahaan dapat terus bertahan.

2. Merebut pangsa pasar. Dalam hal ini, perusahaan harus mendapatkan pangsa pasar untuk mencapai kenaikan keuntungan dari tingkat harga tertentu.

3. Mengejar keuntungan, dalam hal ini perusahaan akan menentukan harga untuk mencapai keuntungan yang diinginkan dan paling memuaskan.

4. Mendapatkan Return on investment (ROI) atau pengembalian modal. Perusahaan akan menentukan target laba yang memuaskan sehingga dapat digunakan sebagai pengembalian modal yang dipakai.

5. Mempertahankan status quo, dalam hal ini perusahaan menetapkan harga yang berguna untuk mengatasi atau mencegah persaingan (Kismono, 2001).

Demikianlah artikel ini dirangkum, semoga artikel Tentang METODE/ CARA PENETAPAN HARGA LENGKAP MENURUT PARA AHLI, ini bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment