PENJUALAN DAN PEMBELIAN MENURUT PARA AHLI - Yulidamanda.blogspot.com

PENJUALAN DAN PEMBELIAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian Penjualan

Penjualan merupakan salah satu sumber pendapatan perusahaan, jika semakin besar aktivitas penjualan disuatu perusahaan, maka akan semakin besar pula pendapatan yang akan diterima oleh perusahaan.

Menurut  Sadeli (2005:5)“Penjualan adalah suatu tindakan untuk menukar barang atau jasa dengan uang dengan cara mempengaruhi orang lain agar mau memiliki barang yang ditawarkan sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan kepuasan. 

Menurut Henry Simamora (2005:24)“Penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa”.

Baca Juga : 


Dari kedua pengertian penjualan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penjualan adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia memberi barang atau jasa yang ditawarkan, penjualan adalah pendapatan lazim dalam perusahaan dan merupakan jumlah kotor yang dibebankan kepada pelanggan atas barang dan jasa.

PENJUALAN DAN PEMBELIAN MENURUT PARA AHLI


Pengertian Penjualan Tunai

Menurut Mulyadi (2005:455) “ Penjualan tunai adalah penjualan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mewajibkan pembeli untuk melakukan pembayaran harga barang terlebih dahulu sebelum barang diserahkan ke pembeli, setelah uang diterima perusahaan barang kemudian di serahkan pembeli dan transaksi penjualan tunai di catat perusahaan”

Dalam penjualan tunai ini, pembeli datang ke perusahaan untuk melakukan pembayaran kekasir, dan menerima barang yang di beli.

PENGERTIAN PENJUALAN DAN PEMBELIAN MENURUT PARA AHLI
Penjualan dan Pembelian

Pengertian Pembelian

Pembelian adalah penemuan sumber dan pemesanan bahan, jasa, dan perlengkapan. Kegiatan tersebut terkadang disebut pengadaan barang. Tujuan utamanya adalah memperoleh barang dengan biaya serendah mungkin yang konsisten dengan kualitas dan jasa yang dipersyaratkan. 

Pengertian pembelian menurut Abu Umamah (2005:22) adalah sebagai berikut : " Pembelian yaitu membayar sesuatu untuk menjadi milik kita. Dimana suatu terdapat suatu persetujuan yang mengikat dan pembeli mendapatkan barang yang telah di berikan oleh penjual”.

“Pendapat lain yang dikemukakan oleh Susan Irawati (2008:64) yang menyatakan bahwa pembelian adalah : Suatu kegiatan untuk memperoleh sejumlah harta atau aktiva maupun jasa dari satu pihak untuk kelangsungan usaha atau kebutuhan yang mendasar, sehingga dilakukan pembayaran atas sejumlah uang atau jasa tersebut, untuk kelangsungan operasional perusahaan”.

Jadi berdasarkan pengertian artikel diatas tentang PENJUALAN DAN PEMBELIAN MENURUT PARA AHLI, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelian merupakan membeli barang atau jasa baik itu untuk operasional perusahaan maupun untuk dijual kembali, yang didapat dari pemasok baik dalam negri maupun luar negri.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment