PENGERTIAN VIRUS CORONA (COVID-19) DAN DAMPAKNYA - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN VIRUS CORONA (COVID-19) DAN DAMPAKNYA

VIRUS CORONA (COVID-19)
Corona virus desease (COVID-19) atau biasa disebut virus corona merupakan virus yang kini sangat menghebohkan dunia. Virus corona berasal dari kota Wuhan, China. Menurut WHO (World Health Organization), virus ini mencapai ke 114 negara salah satunya adalah  Indonesia sehingga virus ini dikatakan pandemi global. Menurut data pada tanggal 1 April 2020, Indonesia mencatat 1.677 kasus virus corona dengan 157 meninggal, 103 sembuh dan 1.417 dalam perawatan.  
PENGERTIAN VIRUS CORONA (COVID-19) DAN DAMPAKNYA
VIRUS CORONA (COVID-19)
Virus ini sangat meresahkan masyarakat karena dampak dari virus ini sangat membahayakan nyawa masyarakat dan virus ini dapat menular begitu cepat.  Corona virus desease (COVID-19) ini menyerang semua kalangan dengan ditandai batuk,pilek, demam, sakit bagian tenggorokan dan sesak pada pernafasan. Cara penularan virus ini dengan kontak fisik terhadap penderita atau percikan, tetesan, atau dalam istilah medis dikenal sebagai droplet saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk tidak terjangkit virus ini adalah :
  1. Sering melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau jika tidak sempat gunakan hand sanitizer.
  2. Menghindari menyentuh area wajah dengan tangan khususnya area segitiga yang tanpa sadar sering kita sentuh, seperti mata, mulut, dan hidung.
  3. Menghindari interaksi fisik, dari yang paling sederhana seperti berjabat tangan hingga berpelukan.
  4. Tidak berbagi barang-barang pribadi seperti peralatan makan karena virus ini dapat tahan dipermukaan hingga 3 hari.


Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pencegahan terhadap penularan virus ini dengan cara menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk stay at home, seluruh kegiatan, pekerjaan dilakukan dirumah atau secara online. Hal ini dilakukan agar memutus rantai penularan corona virus desease (COVID-19). Namun, terdapat kalangan masyarakat yang tidak ada pilihan untuk melakukan pekerjaan diluar rumah disebabkan tuntuan kebutuhan mereka sehari-hari, seperti pedagang, buruh, supir angkutan umum. 

Dampak yang ditimbulkan atas kebijakan tersebut adalah dari segi industri, khususnya mall – mall besar dan tempat rekreasi menjadi sepi pengunjung sehingga menurunkan pendapatan mall-mall tersebut. Masyarakat yang panik akan virus ini berbondong-bondong membeli bahan-bahan yang mereka perlukan seperti; memburu masker, disinfektan dan han sanitizer. Selain itu, masyarakat membeli bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama kebijakan stay at home ini berlangsung.


Virus corona ini tidak hanya memberi dampak pada sepinya pengunjung toko dan mengurangi pendapatan mereka, virus ini juga mengakibatkan masyarakat membeli bahan makanan dan kesehatan yang mereka butuhkan selama di rumah. Contoh dari barang tersebut adalah masker dan hand sanitizer yang dibeli masyarakat dalam jumlah banyak. Ketakutan masyarakat menyebabkan stok bahan makanan dan alat medis di supermarket ataupun toko menjadi sedikit.
Akibat dari pembelian ini, terjadi kelangkaan dan petugas medis juga kesulitan untuk memperoleh alat yang diperlukan.

Demikianlah sedikit pengertian dari Virus Corona Atau Covid-19, jika ada salah penulisan dan kata-kata mohon maaf.

Baca Juga :

Baca Juga

No comments:

Post a Comment