CONTOH PROPOSAL PSI Pada Perpustakaan Berbasis WEB (Latar Belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah) - Yulidamanda.blogspot.com

CONTOH PROPOSAL PSI Pada Perpustakaan Berbasis WEB (Latar Belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah)

Latar Belakang


Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komputer dewasa ini, tentunya membuat setiap user ingin juga memanfaatkan dan maju beserta teknologi tersebut. Keinginan untuk maju tersebut mendorong setiap orang, perusahaan, organisasi dan lembaga pendidikan dari berbagai macam jenjang untuk memperkenalkan ke luar dengan memanfaatkan teknologi yang canggih dewasa ini seperti internet.

Penyajian informasi seputar perusahaan, organisasi dan lembaga pendidikan di internet dilakukan dengan metode penyajian WEB (situs) yang di desain dengan baik dan bahkan dapat diakses dari berbagai pelosok daerah di belahan dunia.
Ketika user mengunjungi situs perguruaan tinggi yang telah ada pada internet, akan tertarik dan menggali sedalam mungkin informasi yang ada di situs perguruan tinggi tersebut, sebagian besar yang sangat banyak dikunjungi adalah akses perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi tersebut.
Persoalannya adalah bagaimana merancang dan mendesain WEB tersebut dengan baik dan benar, sehingga dapat memberikan daya tarik utama (eyes capture) dan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Untuk menyajikan WEB suatu perguruan tinggi dan perpustakaan sebagai "eyes capture", tidak terlepas dari perancangan WEBnya dan tidak terlepas pula dari desain isi, desain visual dan informasi yang dikadung didalamnya. WEB suatu perguruan tinggi yang mempunyai desain visual yang benar-benar menarik serta penuh dengan kreatifitas  dan informasinya yang padat, akan membuat pengunjung atau pengakses semakin tertarik untuk menjelajahinya. 

Salah satu alternatif untuk penyajian sistem informasi yang ada saat ini adalah perancangan aplikasi perpustakaan perguruan tinggi berbasis WEB.

Perumusan Masalah

Dari permasalahan yang telah diungkapkan diatas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :
  1. WEB perpustakaan perguruan tinggi yang disajikan tidak memperhatikan perancangan, system analyst, desain isi, desain visual, keterbatasan informasi dan unsur interaktif, sehingga membuat pengunjung tidak tertarik dan bahkan tidak betah untuk menikmati WEB perpustakaan perguruan tinggi tersebut.
  2. Belum optimalnya suatu WEB perpustakaan perguruan tinggi dalam memanfaatkan teknologi Jaringan Komputer, dalam hal ini yaitu Internet.
  3. WEB perpstakaan perguruan tinggi yang tidak atau lama di-update secara  berkesinambungan menyebabkan informasi yang ada di WEB tersebut tidak up to date. 


Pembatasan Masalah

Analisis yang akan dilakukan disini yaitu dengan spesifikasi sebagai berikut :
  1. Merancang WEB perpustakaan perguruan tinggi.
  2. Kategorinya meliputi unsur-unsur : perancangan, system analyst, Entity Relation Design, dan keterbaruan informasi yang ada.
  3. Untuk memudahkan dalam tahap perancangan, maka ditentukan aspek-aspek yang akan dirancang dan kebutuhan masa kini dan akan datang.
  4. Memberikan penjelasan secara teknis tentang perancangan suatu WEB perpustakaan perguruan tinggi.
  5. Dapat menbuat suatu WEB perpustakaan perguruan tinggi.


TUJUAN PENELITIAN

Adapun tujuan dalam pembuatan Penelitian ini, yaitu :
  1. Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian pada Jurusan Sistem Informasi Teknokrat Bandar Lampung.
  2. Untuk memberikan gambaran perancangan WEB perpustakaan perguruan tinggi.
  3. Menjelaskan betapa pentingnya penyajian sistem informasi suatu perpustakaan perguruan tinggi pada jaringan komputer (intranet dan internet), sehingga informasi tersebut dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan mahasiswa setempat atau kalangan-kalangan lain yang kiranya memerlukan informasi tentang perpustakaan perguruan tinggi tersebut.


MANFAAT PENELITIAN

a). Bagi Mahasiswa
Dapat menganalisa bagaimana sesungguhnya perancangan sistem informasi perpustakaan perguruan tinggi tertentu melalui halaman WEB pada jaringan komputer, sehingga dapat memaksimalkan informasi - informasi yang kiranya layak untuk disuguhkan bagi mahasiswa.

b). Bagi Masyarakat
Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi tentang perpustakaan perguruan tinggi secara terperinci dan up to date.

c). Bagi Perguruan Tinggi
Perancangan sistem informasi perpustakaan perguruan tinggi melalui WEB dapat meningkatkan kinerja seluruh civitas akademik, karyawan, pimpinan perguruan tinggi dari mulai jurusan hingga universitas, berbagai lembaga, dan perpustakaan sebagai suatu aset perguruan tinggi secara maksimal dan tepat guna.

PROPOSAL PSI Pada Perpustakaan Berbasis WEB
Web

Sekian atas pembahasan tentang pembahasan proposal PSI Pada Perpustakaan Berbasis WEB, Yang mencakup Latar Belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan manfaat penelitian. Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment