SOAL DAN JAWABAN TENTANG EKONOMI MIKRO UAS/UTS - Yulidamanda.blogspot.com

SOAL DAN JAWABAN TENTANG EKONOMI MIKRO UAS/UTS

EKONOMI MIKRO

Ekonomi mikro adalah merupakan cabang dari ilmu ekonomi bagaimana kita belajar tentang prilaku konsumen, dan sebuah perusahaan, serta penentuan harga kuantitas jual beli dan lainnya.

Nah dibawah ini adalah Contoh SOAL DAN JAWABAN EKONOMI MIKRO UAS UTS yang dibuat untuk kita bisa belajar dirumah, mengingat ketentuan pemerintah untuK stay at home untuk memutus tali rantai penyebaran virus corona atau covid-19, semoga wabah ini cepat berakhir ya kawan-kawan.

Baca Juga : Pengertian Virus Corona (Covid-19) dan Dampaknya
EKONOMI MIKRO, CONTOH SOAL + KUNCI JAWABAN UAS UTS
Ekonomi Mikro

SOAL

  1. Jelaskan prinsip-prinsip berdasarkan bagaimana masyarakat mengambil keputusan dan berdasarkan bagaimana orang berinteraksi?
  2. Jelaskan mekanisme dua model ekonomi, yakni circular flow model dan the production possibilities frontier model?
  3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pergeseran (shifting) kurva permintaan dan kurva penawaran?
SOAL DAN JAWABAN EKONOMI MIKRO UAS UTS

Kunci jawaban

1. Prinsip-prinsip masyarakat mengambil keputusan berdasarkan orang berinteraksi:
  1. Prinsip ekonomi berdasarkan masyarakat mengambil keputusan:
    • Orang rasional berpikir pada batas-batas mengambil keputusan-keputusan yang lebih baik, dengan cara bepikir pada batas-batas seorang mengambil keputusan yang rasional akan bertindak, jika dan hanya jika keuntungan dari tindakan tersebut melebihi biaya marginnya.
  2. Orang menghadapi Trade Off
    • Ketika orang dihadapi pada pertukaran (Trade Off) maka dalam membuat keputusan harus merelakan sesuatu untuk suatu tujuan Trade Off yang harus dihadapi sangatlah penting karena semua pilihan yang ada dimengerti dengan baik.
  3. Orang tanggap terhadap Insentif
    • Karena manusia mengambil keputusan dengan cara membandingkan keuntungan dan biaya, kebiasaan mereka akan berubah jika ada perubahan pada keuntungan atau biayanya pembuat kebijakan publik tidak boleh melupakan pentingnya isentif.
  4. Biaya adalah apa yang anda korbankan untuk mendapatkan sesuatu, karena semua orang menghadapi trade off (pertukaran) maka untuk mengambil keputusan kita harus membandingkan biaya dan manfaat dari setiap tindakan yang akan dilakukan.

Prinsip ekonomi berdasarkan bagaimana masyarakat dapat saling berinteraksi.
  1. Perdagangan menguntungkan semua pihak : perdagangan bukanlah seperti pertandingan olah raga dimana satu pihak menang dan satu pihak kalah. Seharusnya perdagangan menguntungkan, karena tidak akan lebih diuntungkan jika memboroskan diri yang lain.
  2. Pemerintanh terkadang mampu meningkatkan hasil-hasil dari pasar. Meskipun pasar adalah tempat yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi, pasar tidaklah sempit ada 2 alasan umum bagi pemerintah untuk melakukan intervensi dibidang ekonomi : mendukung efisiensi dan pemerataan.
  3. Pasar adalah tempat yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi dalam sebuah perekonomian pasar, keputusan dari suatu perencana terpusat digantikan oleh keputusan-keputusan dari  jutaan perusahaan dan rumah tangga, bagaimapun juga dalam perekonomian pasar tidak ada satu pihakpun yang mengharapkan tercapainya kemakmuran masyarakat seutuhnya. Pengambilan keputusan secara mementingkan dari sendiri. Perekonomian pasar telah terbukti sukses dalam mengorganisasikan kegiatan ekonomi yang berhasil menigkatkan kemakmuran bersama.
SOAL DAN JAWABAN EKONOMI MIKRO UAS UTS
2. Mekanisme dua model ekonomi, circular flow model dan the production possibilities :
  • Circular Flow Model : Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia pada dasarnya merupakan proses pertukaran sumber daya yang dimiliki rumah tangga konsumen (RTK) dengan rumah tangga perusahaan (RTP) dan rumah pemerintah. Kegiatan ekonomi yang begitu banyak dan komplek dapat dipahami dengan model Circular Flow.
  • The Production Possibilities Frontier Model :Batas kemungkinan produksi, grafik yang memperlihatkan kombinasi hasil produksi yang beraneka ragam yang dapat dihasilkan suatu perekonomian dengan ketersediaan faktor-faktor produksi dan teknologi produksi dapat digunakan oleh perusahaan untuk merubah faktor-faktor produksi menjadi hasil-hasil produksi.

3. Faktor-Faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva permintaan
  • Selera : berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen.
  • Harga dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan salah satunya yang penting adalah produk substitusi.
  • Rata-rata Pendapatan konsumen : apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung mengkonsumsi lebih atau membeli lebih banyak barang meskipun harga barang tidak berubah.
  • Pengaruh-pengaruh khusus.
  • Ukuran pasar.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pergesaran kurva penawaran
  • Harga input
  • Tingkat teknologi yang digunakan.
  • Kebijakan pemerintah
  • Pengaruh-pengaruh khusus.
  • Harga-harga produk yang berkaitan.



Cukup sekian contoh dari SOAL DAN JAWABAN TENTANG EKONOMI MIKRO UAS/UTS, semoga ilmu yang didapat bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment