MANAJEMEN PEMASARAN : Pengertian, SINGKAT DAN JELAS - Yulidamanda.blogspot.com

MANAJEMEN PEMASARAN : Pengertian, SINGKAT DAN JELAS

MANAJEMEN PEMASARAN

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, mari kita ulas dulu apa itu manajemen dan apa itu pemasaran?

Suatu organisasi, diperlukannya manajemen untuk mengatur suatu proses dalam penyelenggaraan organisasi itu sendiri sehingga apa yang menjadi tujuan akan tercapai.

Pada suatu pemerintah khususnya menyangkut soal pelayanan publik, diperlukan manajemen yang efektif dan efisien dalam proses penyelenggaraan pelayanan agar tercapainya tujuan dari pelayanan itu sendiri yakni kepuasan dari masyarakat.
PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN :SINGKAT DAN JELAS
Manajemen Pemasaran
Nah apa itu manajemen?

Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Selain itu juga, manajemen berasal dari bahasa inggris  yaitu   management berasal dari kata manage menurut  kamus oxford yang artinya memimpin atau membuat keputusan di dalam suatu organisasi. Istilah manajemen yang diterjemahkan dari kata manage memang biasanya dikaitkan dengan suatu tindakan yang mengatur sekelompok orang di dalam organisasi atau lembaga tertentu demi mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Berikut pendapat menurut para ahli:
  1. G.R Terry (Hasibuan, 2009)  menyatakan manajemen sebagai suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber- sumber lainnya. 
  2. Menurut Malayu SP. Hasibuan (2003) Manajemen adalah Ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen yang baik akan mengarahkan terwujudnya suatu organisasi.  
Dari Definisi diatas tentang manajemen dapat kita simpulkan bahwa manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut.

Baca JugaKISI KISI UAS SOAL DAN JAWABAN PEMASARAN

Masuk kepembahasan kedua ya, yaitu pemasaran?

Pengertian Pemasaran.

Bagi perusahaan suatu aktivitas pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting, karena aktivitas pemasaran diarahkan untuk menciptakan perputaran yang memungkinkan perusahaan dalam mempertahankan keberlangsungan nyahidup. Selain itu aktivitas pemasaran dilakukan untuk pencapaian tujuan perusahaan yang sesuai dengan harapan. 

Menurut Hasyim. Ali Ibrahim, dkk (2019) pemasaran ialah adanya proses sosial dan manajerial yang ruang lingkupnya adalah individu atau kelompok  untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain, atau secara sederhana pemasaran didefinisikan sebagai segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai ke konsumen.  

Nah, berdasarkan penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulannya yaitu pemasaran merupakan suatu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran, dimana dalam pemasaran ini kegiatan bisnis dirancang untuk menditribusikan barang-barang kepada konsumen untuk mencapai sasaran tujuan organisasi.

Nah sekarang masuk kepembahasan inti

Pengertian Manajemen Pemasaran

Sebuah usaha akan berjalan dengan baik apabila didukung oleh kegiatan pemasaran yang tepat, namun kegiatan pemasaran tidak akan berjalan dengan baik dan tepat apabila tidak didukung dengan adanya kegiatan manajemen pemasaran yang baik dan tepat pula.

Philip Kotler dan Amstrong (2002) mengemukakan bahwa “Manajemen pemasaran ialah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”. 
Baca Juga : PENGERTIAN IKLAN MENURUT PARA AHLI

Fandy Tjiptono (2002) mengungkapkan bahwa, Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi penentuan harga, promosi dan distribusi barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi. Berdasarkan kedua definisi menurut para ahli peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa manajemen pemasaran yaitu suatu kegiatan yang dilalukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan cara merencanakan, merancang, mengawasi, mengarahkan dalam seluruh kegiatan pemasaran serta mempertahankannya demi tercapainya suatu tujuan tersebut.

Cukup sekian pembahasan apa itu manajemen pemasaran, semoga artikel ini bermanfaat ya.
Baca JugaSOAL KISI-KISI UAS TENTANG KURVA SAMA PEMASARAN

Baca Juga

No comments:

Post a Comment