SOAL DAN JAWABAN TENTANG BASIS DATA SISTEM INFORMASI - Yulidamanda.blogspot.com

SOAL DAN JAWABAN TENTANG BASIS DATA SISTEM INFORMASI

SOAL DAN JAWABAN

SOAL DAN JAWABAN TENTANG BASIS DATA SISTEM INFORMASI
Database

  1. Jelaskan pengertian dari sistem basis data? Himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa supaya kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
  2. Sebutkan 8 operasi dasar dari Database? Create database, Drop database, create table, Drop table, Insert,  Read, Update dan Delete.
  3. Sebutkan Komponen dari Sistem Basis Data? Perangkat Keras, Sistem Operasi, Basis Data, Database Management System atau DBMS, Pemakai atau User, Aplikasi atau Perangkat Lain.
  4. Sebutkan contoh dari DBMS? Microsoft Access, MySql, Oracle databse, Sybase, Borland-Interbasi, PostgreSQL dll.
  5. Apa yang di maksud dengan user? User adalah salah satu komponen database yang berinteraksi secara langsung dengan database. Ada beberapa tipe user, diantaranya, programmer aplikasi, User mahir (casual user), user umum (end user) dan user khusus (specialized user).
  6. Jelaskan pengertian dari DBMS? DBMS adalah software yang berperan dalam mengelola, menyimpan, dan mengambil data kembali. Adapun mekanisme yang digunakan sebagai pelengkap adalah pengaman data, konsistensi data dan pengguna data bersama.
  7. Apa fungsi dari basis data? 1. Ketersediaan/ Availability 2. Mudah dan Cepat/ Speed 3. Kelengkapan/ Completeness 4. Accuracy dan Security 5. Storage Efficiency.
  8. Jelaskan fungsi basis data Ketersediaan/ Availability? Menyediakan data-data penting saat sedang diperlukan. Ya, ini adalah fungsi penting dari basis data yang meskipun tidak terletak dalam satu lokasi, dan tersimpan dalam bentuk disk, akan tetapi dengan cara penyimpanan yang sistematik, informasi tersebut mudah untuk didapatkan.
  9. Apa yang di maksud dengan Bahasa Basis Data (Database Language)?Bahasa database merupakan bahasa data yang dapat ditempelkan kedalam bahasa pemrograman yang lain, sebut saja Java, Pascal, Fortran dst. Bahasa dimana instruksi data base menempel disebut inang.
  10. Sebutkan komponen Bahasa data base menurut fungsinya? Komponen Bahasa data base menurut fungsinya dibagi tiga, yaitu: 1. Data Definition Language, Data definition language adalah sekumpulan definisi yang disimpan di dalam data dictionary. 2. Data Manipulation Language, Data Manipulation Language berisi akumulasi dari operasi manipulasi basis data yang dilakukan. Ini biasa disebut dengan bahasa query sebab biasanya digunakan untuk meminta informasi yang ada dari basis data tersebut.
Penjelasan tentang basis data
Basis Data

Baca Juga : 

Baca Juga

No comments:

Post a Comment