PENGERTIAN SOSIOLOGI DAN PENJELASANNYA - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN SOSIOLOGI DAN PENJELASANNYA

Apa itu Sosiologi?

PENGERTIAN SOSIOLOGI DAN PENJELASANNYA
Sosiologi

Sosiologi adalah salah satu dari ilmu sosial yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat atau ilmu yang mempelajari tentang manusia atau masyarakat.
Secara terminologis, sosiologi merupakan perpaduan dua kata dari bahasa Latin dan Yunani. Socius adalah kata Latin, artinya kawan. Logos adalah kata dari bahasa Yunani artinya ilmu pengetahuan. Sebagai ilmu pengetahuan murni, ada empat unsur sifat sosiologi yaitu sebagai berikut:
  • Bersifat empiris: Didasarkan pada realitas di lapangan, tidak spekulatif.
  • Bersifat teoritis: Disusun secara sistematis dengan abstraksi.
  • Bersifat kumulatif: Memperhitungkan, mengevaluasi, memperbaiki studi sosiologis yang sudah ada sebelumnya.
  • Bersifat  non-etis: Tidak menilai benar atau salah, mengkaji apa yang senyatanya, bukan apa yang seharusnya.
Baca Juga : Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Tujuan Sosiologi

Adapun tujuan utama dari sosiologi adalah meningkatkan daya dan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya . Caranya adalah dengan mengembangkan pengembangkan pengetahuan yang objektif tentang gejala sosial yang ada di masyarakat

Manfaat Sosiologi

Ada 2 manfaat sosiologi bagi masyarakat adalah sebagai berikut :
  1. Untuk pembangunan. Sosiologi berguna untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembangunan.
  2. Untuk penelitian . Dengan penelitian dan penyelidikan sosiologis akan diperoleh suatu peperencanaan atau pemecahan masalah sosial yang baik.

Objek Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki beberapa objek. Berikut adalah beberapa objek sosiologi sebagai ilmu pengetahuan:
  1. Objek Sosiologi Material : Mengacu pada benda fisik, sumber daya, dan tempat yang menentukan kulturnya. Seperti rumah, tetangga, daerah/kota, kantor, tempat ibadah, sekolah, peralatan, produk, dan lain sebagainya. Semua aspek fisik tersebut menentukan perilaku dan kultur seseorang. Contoh dari perubahan sosial karena materi adalah karena di internet terdapat banyak sekali materi tugas, maka siswa harus mempelajari bagaimana cara memakai komputer dan internet. Lama-kelamaan internet akan menjadi kebutuhan siswa itu walaupun untuk tujuan lain seperti berkomunikasi menggunakan facebook.
  2. Objek Sosiologi Non Material : Mengacu pada budaya dan adat istiadat. Seperti nilai-nilai, norma, aturan, bahasa, moral, organisasi, dan lembaga. Contohnya, konsep dari suatu agama melahirkan suatu aturan, nilai, bahasa, moral, dan etnis yang disesuaikan dengan agama yang dianut.
  3. Objek Sosiologi Agama : Pengaruh dari objek agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.
  4. Objek Sosiologi Budaya : Objek budaya merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
  5. Objek Sosiologi Formal : Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Sehingga objek formal sosiologi ialah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

Kita sebagai mahluk hidup tentunya membutuhkan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, saling tolong menolong, saling mengingatkan, dan saling bergotong royong dalam kemajuan, maka berbuat baiklah kepada orang disekitar kita.
Demikianlah penjelasan singkat tentang sosiologi, semoga bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment