FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN || EKONOMI - Yulidamanda.blogspot.com

FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN || EKONOMI

MATA KULIAH EKONOMI

Pengertian fungsi permintaan dan Penawaran
Fungsi Permintaan terhadap suatu barang adalah hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan variabel-variabel lain. Variabel lain bisa berupa dari harga barang tersebut. Untuk menyederhanakan masalah fungsi permintaan disini bisa kita ambil contohnya seperti, (rumus) fungsi yang menyatakan hubungan antara harga dengan jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli dengan asumsi variabel bebas lainnya konstan (ceteris paribus). Hubungan antara kuantita dan harga digambarkan dalam sistem silang sumbu, di dalam sistem sumbu ini sumbu horizontal digunakan untuk mewujudkan kuantita (x) dan sumbu vertikal digunakan untuk menunjukan harga (p).

FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN || EKONOMI
Permintaan dan Penawaran

Fungsi Penawaran (S) adalah fungsi yang menyatakan hubungan antara harga dari suatu barang dengan  barang tersebut yang ditawarkan. Bila harga barang naik, jumlah yang ditawarkan bertambah dan sebaliknya bila harga barang turun jumlah yang ditawarkan turun.

Baca Juga : MONOPOLI ADALAH, SEBAB TERJADINYA PASAR MONOPOLI

Keseimbangan Pasar

Apa itu keseimbangan pasar??

Yang dimaksud dengan keseimbangan pasar adalah pertemuan (baik langsung atau tidak langsung melalui komunikasi) antara pembeli dan penjual. Harga keseimbangan pasar terjadi jika harga yang diminta oleh si pembeli suatu barang sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh si penjual barang tersebut. dengan arti lain keseimbangan pasar terjadi jika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan atau ketika fungsi penawaran suatu barang berpotongan dengan fungsi permintaan barang tersebut.

Elastisitas Permintaan

Konsep elastisitas pada dasarnya berhubungan erat dengan konsep derivatif. yang dimaksud dengan elastisitas permintaan adalah elastisitas permintaan suatu barang terhadap harga yaitu rasio daripada perubahan relatif jumlah barang yang diminta dan perubahan relatif harga barang bersangkutan. jika harga suatu barang turun a% dan mengakibatkan jumlah barang bersangkutan yang diminta naik b%, dapat dikatakan elastisitas perminta barang tersebut terhadap harga b%.
a%

Elastisitas Silang

Permintaan sejumlah barang sering sekali tidak saja dipengaruhi harga barang tersebut, tetapi juga dipengaruhi oleh harga barang lain. Bang lain itu bisa berupa barang yang mempunyai hubungan substitusi dengan barang yang diminta atau bisa bisa juga berupa barang yang mempunyai hubungan komplementer. Barang yang mempunyai hubungan substitusi misalnya jagung dan beras. jika harga dari beras itu naik, maka Permintaan dari jagung akan bertambah. Hubungan ini akan searah (positif) dalam arti jika harga suatu barang naik maka permintaan barang yang mempunyai hubungan substitusi terhadap barang itu akan naik.

PENUTUP


Demikianlah artikel yang kami sajikan tentang FUNGSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN || EKONOMI semoga bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment