ISTILAH MEDIS KEDOKTERAN - Yulidamanda.blogspot.com

ISTILAH MEDIS KEDOKTERAN

ISTILAH-ISTILAH MEDIS

11 DAFTAR ISTILAH MEDIS KEDOKTERAN UNTUK KESEHATAN
Perawat
Kesehatan adalah suatu hal yang kontinum, yang berada dari titik ujung sehat sampai dengan titik pangkal sakit yang serius. Menurut Fashel dan Bush (1970) yang mendasarkan uraiannya pada definisi Parson menjabarkan kesehatan kedalam sebelas tingkatan atau keadaan. Berikut bahasa atau istilah dalam kesehatan menurut Fashel dan Bush (1970) :
  1. Well Being (Sehat Sempurna) : Yang artinya keadaan individu tersebut bebas gejala, keadaan kesehatannya sesuai dengan definisi sehat WHO, yaitu sehat fisiknya, mental, spritual, sosial dan ekonominya.
  2. Dissatisfaction (Kurang Memuaskan) : Keadaan kesehatan individu tersebut dalam batas-batas tertentu dapat diterima, namun memiliki penyimpangan ringan dari keadaan well being, contoh caries dentis.
  3. Discomfort (Tidak Nyaman) : Aktivitas sehari-hari dapat dilaksanakan tanpa pengurangan, walaupun beberapa gejala mulai tampak.
  4. Minor Disability (Ketidakmampuan minor) : Rutinitas sehari-sehari dapat dilaksanakan, namun berkurang secara makna karena adanya gangguan kesehatan.
  5. Mayor Disability (Ketidakmampuan Mayor) : Rutinitas sehari-hari masih dapat dilaksanakan, berkurang secara makna.
  6. Disabled (Cacat) : Individu tidak mampu melaksanakan kegiatan sehari-harinya, tetapi masih bisa bergerak secara bebas dalam lingkungan masyarakat.
  7. Confined (Terbatas) : Individu berada di tempat tidur, tetapi tidak masuk rumah sakit (dirawat).
  8. Confined dan bedridden (Tinggal di tempat tidur) : Kemampuan kegiatan individu hanya terbatas di tempat tidurnya.
  9. Isolated (Terisolasi) : Individu terpisah dari sanak keluarga dan kawan-kawan atau lingkungan (Dirawat).
  10. Coma : Invidu hampir mati, namun ada kemungkinan atau harapan untuk hidup, sembuh dari sakitnya.
  11. Mati : Individu tidak mampu sama sekali.
Baca Juga : 
Seorang ahli sosiologi Wolansky (1980) mengklasifikasikan bentangan sehat atau sakit menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Body movement, dimana seseorang masih bisa menggerakan anggota tubuhnya, walaupun dalam keadaan sakit.
  2. Mobility, seseorang mampu melakukan kegiatan kemana saja (mobilitas) walaupun belum dapat menjalankan tugas atau pekerjaannya.
  3. Major role activity, dimana seseorang masih mampu melakukan kegiatan utamanya, sesuai dengan pekerjaan atau tugasnya.
Nah, dari uraiang di atas dapat kita simpulkan bahwa sehat atau sakit tidak dapat dibedakan seperti hitam dan putih.  demikianlah penjelasan istilah medis, semoga senantiasa kita selalu diberikan kesehatan. AAMIIN....

Baca Juga

No comments:

Post a Comment