Manajemen Strategi, Menurut Para Ahli, Contoh, Tujuan dan Manfaat Manajemen Strategi - Yulidamanda.blogspot.com

Manajemen Strategi, Menurut Para Ahli, Contoh, Tujuan dan Manfaat Manajemen Strategi

Selamat datang di artikel kali ini yaitu pembahasan kita tentang Manajemen Strategi, menurut para ahli contoh tujuan serta manfaat nya.

Secara umum, Manajemen strategi yaitu Perumusan dan perkembangan dari suatu tujuan utama dan ide yang didapat oleh manajemen oleh suatu organisasi, yang melalui pertimbangan dari sumber daya, lingkungan baik di internal atau eksternal.

Ilustrasi: Manajemen Strategi
Sedangkan Menurut para ahli, Manajemen Strategi Ialah :


1. Menurut Thomas L. Wheelen, Serangkaian pengambilan keputusan dan suatu tindakan manajerial yang menentukan kualitas kinerja organisasi perusahaan dengan jangka waktu panjang.


2. Bambang Haryadi,  Perencanaan yang dibuat secara otomatis oleh pihak terkait (manajemen) untuk membuat suatu rumusan strategi, menerapkan atau mengembangkan strategi, dan dilakukan pengevaluasian strategi tersebut.


Manajemen Strategi memiliki Tujuan, yaitu :


1. Memberikan Arah Dalam Mencapai Suatu Tujuan,Suatu manager bertugas dalam pengarahan semua tim dalam melakukan strategi, arah yang diberikan harus jelas karena akan menjadi landasan untuk dilakukannya pengendalian serta evaluasi mencapai keberhasilan.


Baca Juga : MANAJEMEN PEMASARAN : Pengertian, SINGKAT DAN JELAS 


2. Mengantisipasi Resiko Yang Terjadi.

Setiap strategi akan mengalami resiko yang terjadi, akan ada perubahan dari apa yang telah disiapkan, maka para eksekutif telah mengantisipasi hal tersebut sebagai bentuk pengendalian.


3. Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak.

Didalam suatu organisasi/perusahan kepentingan dari berbagai pihak berperan sangat penting, Manajer bertugas mempertemukan baik itu karyawan, supplier, masyarakat, pemegang saham, perbankan dan pihak yang terkait, karena komponen ini akan menentukan dari kebijakan yang telah dibuat.


4. Efesiensi dan Efektivitas.

Manajer memiliki tanggung jawab dalam hal sumber dayar dan tentunya bekerja keras dalam melakukan pekerjaan secara efesien dan efektif, tidak konsentrasi pada kemampuan di atas kepentingan efesiensi.

Dan sedangakan pada pelaksanaannya, Manajemen Strategi memiliki tujuan yaitu bertugas dalam mengevaluasi kinerja dari suatu organisasi/perusahaan, meninjau ulang, serta melakukan pengokreksian jika adanya penyimpangan dalam implementasi strategi.


Manfaat dari Manajemen Strategi:


1. Menciptakan suatu organisasi yang lebih peka terhadap ancaman yang ada diluar.

2. Pencegahan dari berbagai masalah yang berasal dari internal maupun eksternal.

3. Menjadikan organisasi yang lebih efektif dan efesien.

4. Membantu perusahaan/organisasi beradaptasi dengan adanya perubahan.

5. Adanya keterlibatan karyawan dalam membuat strategi, akan menjadikan tim lebih mengerti dan menghargai produktifitas sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja yang lebih baik.


Baca Juga : Manajemen Proyek Teknologi Informasi Adalah Berikut Penjelasan dan Materi Manajemen Proyek Teknologi Informasi


Menurut Wheelen dan Hungler Ada Empat (4) Model dalam manajemen strategi yaitu:


1. Environmental Scanding (Pemindahan Lingkungan)

Kegiatan Monitoring (pemantauan), pengevaluasian serta penyebaran suatu informasi dari dalam internal maupun eksternal.


2. Sterategy Formulation (Formulasi Strategi)

Mengkaji ulang visi dan misi dari suatu perusahaan serta merumuskan strategi yang sesuai dari visi dan misidari perusahaan tersebut.


3. Sterategy Impelementation (Implementasi Strategi)

Tujuan dari organisasi/perusahaan yang telah dibuat akan dikembangkan (Implementasi) dengan baik, apabila dari tujuan dan strategi yang telah dibuat dituangkan dalam rangkaian program yang terjadwal dengan jelas memperoleh alokasi sumber daya yang memadai yang telah dituangkan dalam bentuk budget yang mendukung.


4. Valuation and Control (Evaluasi dan Pengendalian)

Tahapan ini adalah perusahaan akan membandingkan kinerja actual yang dicapai perusahaan dengan standar kinerja. Dengan adanya hasil dari evaluasi makan perusahaan dapat melakukan pengendalian dan pengkoreksian.


PENUTUP

Setiap Perusahaan/Organisasi pastinya akan menciptakan Manajemen Strategi untuk mengumpulkan ide-ide dan gagasan baru, menciptakan peluang dan mengantisipasi resiko dan perubahan yang terjadi di depan.


Baiklah, cukup sekian dari artikel ini semoga bermanfaat.

Baca Juga : CONTOH SOAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LENGKAP DENGAN JAWABANNYA

Baca Juga

No comments:

Post a Comment