Contoh Tinjauan Pustaka Medan Magnet Lengkap - Yulidamanda.blogspot.com

Contoh Tinjauan Pustaka Medan Magnet Lengkap

TINJAUAN PUSTAKA MEDAN MAGNET



Medan magnet adalah medan gaya yang konservatif, sebagaimana usaha oleh  muatan magnet yang bergerak dari satu titik ke titik lainnya tak tergantung  lintasan yang ditempuhnya, khususnya usaha dari satu titik kembali ke titik itu  lagi adalah nol. Menurut hasil tersebut, usaha sepanjang garis gaya sekeliling arus listrik tidaklah nol melainkan sama dengan arus yang dikelilinginya. Hal ini tentu disebabkan oleh sifat rotasional garis gaya medan magnet arus listrik. Namun  demikian, menurut Ampere, karena sifat konservatif medan magnet, usaha dari  satu titik ke titik itu lagi, meskipun tidak sepanjang garis gaya, akan sama dengan  arus yang dikelilinginya (Soedojo, 2000). 

Tianjaun Pustaka Medan Mangnet
Medan Magnet

Medan magnet dapat dihasilkan tidak hanya oleh sebatang magnet alami, namun juga dapat dihasilkan dari listrik, hal ini ternyata karena sebuah muatan yang bergerak akan menghasilkan medan magnet di sekitarnya. Gejala ini pertama kali ditemukan oleh Oersted ketika secara tak sengaja mengamati penyimpangan jarum kompas karena kawat berarus listrik di dekatnya. Oersted mengamati bahwa jika arus listrik berarah ke kanan, maka kutub utara kompas akan bergerak menjauhi kawat (Soltani F, 2006). 

Karena medan magnet dapat timbul pada muatan yang bergerak, maka dapat dipastikan bahwa kawat berarus listrik akan menimbulkan medan magnet, hal ini karena arus merupakan muatan listrik yang bergerak. Arah dari medan magnet dapat dilihat melalui aturan-tangan-kanan. Aturan-tangan-kanan berarti : jika empat jari tangan kanan kita mengepal dan dengan ibu jari menunjukkan arah arus listrik pada kawat, maka keempat jari yang mengepal tersebut menunjukkan arah medan magnet di sekitar kawat berarus (Soedojo, 2000).   

Kuat medan magnet arus listrik merupakan jumlah dari kontribusi masing-masing  bagian atau elemen panjang arus listrik itu. Biot-Savart berpendapat bahwa kuat  medan magnet itu berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dari elemen arus  dengan arah menyilang tegak lurus arah elemen tersebut. Kecuali sebanding  dengan panjang elemen arus sebagaimana kelihatan dari tempat mana kuat medan magnet itu (Soedojo,2000).  

Kuat medan magnet arus listrik merupakan jumlah dari kontribusi masing-masing  bagian atau elemen panjang arus listrik itu. Biot-Savart berpendapat bahwa kuat  medan magnet itu berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dari elemen arus  dengan arah menyilang tegak lurus arah elemen tersebut. Kecuali sebanding  dengan panjang elemen arus sebagaimana kelihatan dari tempat mana kuat medan  magnet itu (Sudjana,2010).  


Penutup

Nah demikianlah artikel tentang Contoh Tinjauan Pustaka Medan Magnet Lengkap, untuk menjadi referensi dalam tugas skirpsi ataupun proposal.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment