Pengertian Agama Islam Adalah Secara Bahasa - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian Agama Islam Adalah Secara Bahasa

"Pengertian Agama Islam"


Pengertian Agama Islam
Agama Islam

Islam secara etimologi (bahasa) berarti tunduk, patuh, atau berserah diri. Menurut syariat (terminologi), apabila dimutlakan berada pada 2 pengertian : pertama, apabila disebutkan sendiri tanpa diiringi kata iman maka pengertian islam mencakup seluruh agama, baik usbul (pokok) maupun furu’ (cabang), juga seluruh masalah akidah, ibadah, keyakinan, perkataan, dan perbuatan. Jadi pengertian ini, menunjukan bahwa islam adalah mengakui dengan lisan diyakini dengan hati dan berserah diri kepada Allah Azza wa jalla atas semua yang ditentukan dan ditakdirkan menurut Syaikh Muhammad Abdul Wahhab Rahimahullah, definisi islam adalah berserah diri kepada Allah dengan mentauhidkannya, tunduk dan patuh padanya dengan ketaatan, dan berlepas diri dari perbuatan syirik dari para pelakunya.

Kedua, apabila kata islam disebutkan bersamaan dengan kata iman, maka yang dimaksud islam adalah perkataan dan amal-amal lahiriyah yang dengannya terjaga diri dan hartanya, baik dia meyakini islam atau tidak. Tidak diragukan lagi bahwa prinsip agama islam yang wajib diketahui dan diamalkan oleh setiap muslim ada 3 yaitu :

  1. Mengenal Allah Azza Wa Jalla. 
  2. Mengenal agama islam beserta dalil dalilnya, dan
  3. Mengenal nabinya Muhammad SAW. Mengenal agama islam adalah landasan yang kedua dari prinsip agama ini dan padanya terdapat tiga tingkatan, yaitu islam, iman,dan ihsan. 

Agama islam adalah agama Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, untuk diteruskan kepada seluruh umat manusia, yang mengandung ketentuan-ketentuan keimanan (aqidah) dan ketentuan ketentuan ibadah mu’amalah (syariah), yang menetukan proses berfikir, merasa dan berbuat dan proses terbentuknya kata hati.

“Al Islam” untuk sebutan “agama” pengertiannya adalah semua “agama Allah” yang diturunkan kepada rasul (utusan)-nya, sejak yang pertama sampai yang terakhir, penutup semua nabi dan rasulnya ialah Muhammad SAW.
Dan hanya Al Islamlah yang berhak disebut agama Allah. Agama islah yang dibawa oleh para rasul sebelum Muhammad SAW adalah untuk umat tertentu. Sedang agama islam yang dibawa oleh Muhammad SAW adalah untuk seluruh umat manusia (Universal) dan berlaku sepanjang masa, serta dengan penyesuaian dan penyempurnaan meneruskan agama agama islam yang dibawa oleh para rasul sebelumnya.

Agama islam yang diturunkan dengan perantaraan para utusan (rasul) adalah “ wahyu Allah” yang berupa firman firmannya dan penjelasan penjelasan rasulnya, diibaratkan sebagai “Tali Allah” (Hablullah) yang menghubungkan manusia dengan Allah untuk memberi petunjuk kepada “AL-Haq” (kebenaran yang hakiki) yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam usaha menemukan pola dan jalan hidup serta kehidupan yang benar.

PENTINGNYA AGAMA ISLAM BAGI KEHIDUPAN

  1. Agama islam merupakan  jalan hidup yaitu suatu jalan muamalah yang konkret dan memiliki aturan-aturan tertentu guna pedoman bagi para penganutnya, begitu pula agama yang lainnya
  2. Agama islam mengajarkan tauhid (keesaan Allah),bahwasannya tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah ta’ala.
  3. Agama itu memiliki kitab-kitab tersendiri yang merupakan kumpulan wahyu yang  diterima oleh nabinya, seperti halnya dalam agama islam yaitu kitab suci al-quran.
  4. Agama itu dipimpin oleh seorang Nabi. Kalau Nabi itu masih hidup, beliau tidak tersembunyi di lingkungan orang-orang awam yang bodoh, tetapi menyebarkan ajarannya dengan terbuka, dan sanggup berdiskusi  di tengah orang-orang pandai. Dan kalau Nabi itu sudah wafat, maka ada bukti-bukti yang terang bahwa beliau pernah hidup, mengatakan ini dan itu guna petunjuk bagi umatnya. 

PENUTUP

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Agama Islam Adalah Secara Bahasa, semoga materi ini bermanfaat. Untuk lebih mengerti dan tanya jawab tentang islam kamu bisa mengunjungi link berikut : https://mui.or.id/

Baca Juga

No comments:

Post a Comment