Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Data - Yulidamanda.blogspot.com

Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Data

Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Data

Pengertian Data

Menurut Oz(2009:9) data merupakan fakta tentang orang, kejadian-kejadian serta subjek lainnya yang dimanipulasi dan diproses untuk menghasilkan informasi. Menurut O’Brien dan Marakas(2011:34) data merupakan fakta-fakta mentah, observasi mengenai fenomena fisik atau transaksi bisnis. Pendapat Stairs dan Reynolds(2010:5) data merupakan fakta-fakta mentah, seperti nomor induk karyawan, total jam kerja dalam seminggu, bagian penomoran inventori ataupun sales order. Menurut Shelly dan Rosenblatt(2012:7)  data adalah fakta yang menjadi material dasar sebuah sistem, sedangkan menurut Laudon dan Laudon(2012:15) data merupakan aliran fakta-fakta mentah yang mewakili peristiwa yang terjadi dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum di atur dan disusun kedalam bentuk yang dipahami dan dapat digunakan. Menurut Valacich dan Schneider(2012:22) Data merupakan material mentah, informasi yang belum terformat, seperti kata dan angka-angka.

Pengertian Informasi
Menurut Shelly dan Rosenblatt(2012:7)  informasi adalah data yang telah di transformasi menjadi bentuk yang lebih berguna bagi pemakai. Menurut Becerra-Fernandez dan Sabherwal(2010:18) informasi adalah subset data yang memiliki konteks, relevansi, dan tujuan sedangkan Laudon dan Laudon(2012:15) berpendapat bahwa informasi merupakan data yang telah diubah menjadi bentuk yang bermakna dan berguna bagi manusia. Informasi merupakan fakta atau kesimpulan yang memiliki arti dalam konteks, Oz(2009:19).Menurut Stairs dan Reynolds(2010:5) Informasi adalah kumpulan fakta terorganisir sehingga memiliki nilai tambahan di luar nilai fakta individual. Informasi merupakan data yang telah dikonversi kedalam konteks yang bermakna dan berguna kepada pengguna akhir tertentu (O’Brien dan Marakas, 2011:34). Menurut Valacich dan Schneider(2012:22, 510) informasi merupakan data yang telah diformat dan / atau terorganisir dengan berbagai cara sehingga menjadi berguna bagi orang yang menggunakan. Agar informasi bermanfaat bagi pengguna untuk pengambilan keputusan, informasi memiliki karakteristik tertentu seperti tabel dibawah, Stairs dan Reynolds(2010:7):

Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Data
SIM dan Data


Karakteristik Informasi yang bermanfaat bagi pengguna

Informasi harus mudah diakses oleh para pengguna sehingga mereka bisa mendapatkannya dalam format yang tepat dan pada waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Accurate

Informasi yang akurat adalah bebas dari kesalahan. Dalam beberapa kasus, informasi yang tidak akurat akan dihasilkan karena data yang tidak akurat dimasukkan ke dalam proses transformasi. Hal ini biasa disebut dengan  garbage in, garbage out (GIGO).
Complete
Informasi harus lengkap dan berisi semua fakta.
Economical
Informasi juga harus relatif ekonomis untuk diproduksi. Pengambil keputusan harus selalu menyeimbangkan nilai informasi dengan biaya untuk menghasilkan informasi tersebut.
Flexible
Informasi yang fleksibel dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
Relevant
Informasi yang dihasilkan harus relevan dengan kebutuhan pengambil keputusan.
Reliable
Informasi yang handal dan dapat dipercaya oleh pengguna. Dalam banyak kasus, keandalan informasi tergantung pada keandalan metode pengumpulan data.
Secure
Informasi harus aman dari akses oleh pengguna yang tidak sah.
Simple
Informasi harus sederhana, tidak terlalu rumit. Informasi yang rumit dan terlalu berlebihan akan mengakibatkan pengambil keputusan terlalu banyak informasi dan tidak dapat menentukan apa yang benar benar penting.
Timely
Informasi yang tepat waktu disampaikan ketika dibutuhkan.
Verifiable
Informasi harus diverifikasi. Ini berarti bahwa sebuah informasi harus dipastikan kebenarannya dengan memeriksa banyak sumber untuk informasi yang sama.
Pengertian Sistem
Menurut Shelly dan Rosenblatt(2012:7) sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi untuk menghasilkan tujuan tertentu. Menurut Satzinger, Jackson dan Burd(2010:6) sebuah sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling terkait yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai hasil tertentu sedangkan menurut Valacich, George dan Hover(2012:6) sistem merupakan seperangkat komponen atau prosedur bisnis yang saling terkait yang digunakan dalam satu unit bisnis dan bekerja sama untuk tujuan tertentu. Menurut Stairs dan Reynolds(2010:6) sistem merupakan kumpulan elemen-elemen atau komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk menghasilkan suatu tujuan. Menurut O’Brien dan Marakas(2011:26) sistem merupakan komponen yang saling berinteraksi dengan batasan yang sudah ditetapkan, bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang objektif dengan menerima input dan menghaslkan output dalam proses transformasi yang terorganisir. Menurut Oz(2009:11) sistem merupakan kumpulan dari komponen-komponen yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, atau beberapa tujuan, dengan menerima masukan, pengolahan, dan menghasilkan output secara terorganisir.Menurut Valacich, et al(2012:6), suatu sistem memiliki sembilan karakteristik, tujuh di antaranya terlihat pada Gambar dibawah. Pada gambar dapat dilihat interaksi sistem dengan lingkungannya yang memiliki pembatas untuk memisahkan sistem dari lingkungan luar sistem. Sistem mengambil input dari luar, memprosesnya, dan mengirimkan output yang dihasilkan kembali ke lingkungannya.

Pengertian Sistem Informasi

Menurut Laudon dan Laudon(2012:15) Sistem informasi merupakan seperangkat komponen yang saling terkait yang mengumpulkan (atau mengambil), memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kontrol dalam sebuah organisasi. Shelly dan Rosenblatt(2012:7) berpendapat bahwa Sistem informasi adalah kombinasi teknologi informasi, orang(people) dan data untuk mendukung kebutuhan bisnis. Menurut Oz(2009:13) Sistem Informasi terdiri dari semua komponen yang bekerja sama untuk memproses data dan  menghasilkan informasi. Sistem Informasi merupakan seperangkat komponen yang saling berinteraksi untuk mengumpulkan, mengubah, menyimpan dan menyebarkan  data dan informasi serta menyediakan mekanisme umpan balik untuk memenuhi tujuan (Stairs dan Reynolds, 2010:4). Menurut O’Brien dan Marakas(2011:4) Sistem Informasi merupakan kombinasi secara terorganisir atas apa saja dari orang/pengguna, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber daya, aturan dan prosedur yang menyimpan, menerima, mengubah dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.  Menurut Valacich, George dan Hover(2012:20), Sistem informasi adalah kombinasi hardware, software, dan jaringan telekomunikasi yang dibangun orang dan digunakan untuk mengumpulkan, membuat, dan mendistribusikan data yang berguna  dalam pengaturan organisasi. Menurut Satzinger, et al(2010:6), sistem informasi merupakan kumpulan komponen yang saling terkait yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan informasi sebagai output yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas bisnis. Menurut Shelly dan Rosenblatt(2012:8) sebuah sistem informasi memiliki lima komponen kunci utama yaitu terdiri dari hardware, Software, data, process dan people.
a.  Hardware (perangkat keras) merupakan segala sesuatu yang berada pada lapisan fisik sebuah sistem informasi.
b.  Software(perangkat lunak) merupakan program-program yang mengontrol hardware untuk menghasilkan tujuan atau informasi yang dibutuhkan.
c. Data merupakan material dasar sistem informasi yang ditransformasi menjadi bentuk informasi yang berguna bagi pemakai.
d. Process merupakan tugas dan fungsi bisnis yang dilaksanakan oleh user, manager, staff IT untuk menghasilkan tujuan secara lebih spesifik.
e.  People  merupakan pengguna, baik dari dalam dan luar sebuah perusahaan yang berinteraksi langsung dengan sistem informasi.

Aktifitas dasar dari Sistem  Informasi menurut  Laudon  dan Laudon(2012:16) adalah  sebagai  berikut  :
a.    Input
Melibatkan penangkapan atau  pengumpulan data mentah  dari dalam organisasi atau  dari  lingkungan ekstemal untuk  pengolahan dalam  suatu  sistem informasi.
b.    Process
Melibatkan proses mengkonversi input mentah  ke bentuk yang lebih bermakna.
c.    Output
Mentransfer proses informasi kepada orang yang akan  menggunakannya atau  kepada aktivitas yang akan  digunakan.
d.    Feedback
Output   yang   dikembalikan  ke   anggota  organisasi  yang   sesuai  untuk kemudian membantu mengevaluasi atau mengoreksi tahap Input.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Studi tentang sistem informasi manajemen (MIS) menggabungkan karya ilmu komputer, ilmu manajemen, dan riset operasi dengan orientasi praktis terhadap pengembangan solusi sistem untuk masalah dunia nyata dan mengelola sumberdaya teknologi informasi. Hal ini juga terkait dengan perilaku isu seputar pengembangan, penggunaan, dan dampak dari sistem informasi, yang biasanya dibahas dalam bidang sosiologi, ekonomi, dan psikologi.(Laudon dan Laudon, 2012:29). Sistem Informasi Manajemen merupakan kumpulan yang terorganisir dari orang, prosedur, software, database dan perangkat dengan tujuan menghasilkan informasi untuk para manager dan pengambil keputusan(Stairs dan Reynolds, 2010:22). Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem pendukung manajemen yang menghasilkan laporan, tampilan dan respon yang telah di spesifikasi secara periodik, khusus berdasarkan atas permintaan atau dengan basis pelaporan yang wajib (O’Brien dan Marakas, 2011:15). Menurut Valacich dan Schneider (2012:30,513), Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem informasi yang dirancang untuk mendukung pengelolaan fungsi organisasi pada manajerial tingkat organisasi. Dalam bidang keilmuan, Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah bidang studi yang meliputi pengembangan, penggunaan, pengelolaan, dan studi sistem informasi berbasis komputer dalam organisasi.

PENUTUP

Demikianlah artikel tentang Pengertian Sistem Informasi Manajemen dan Data, semoga ulasan ini bermanfaat ya..

Baca Juga

No comments:

Post a Comment