PENGERTIAN KOMUNIKASI SOSIAL MENURUT PARA AHLI - Yulidamanda.blogspot.com

PENGERTIAN KOMUNIKASI SOSIAL MENURUT PARA AHLI

Komunikasi Sosial

Istilah komunikasi berasal dari bahasa inggris "Communication" , secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa latin "Communicatus", dan pernyataan ini bersumber pda kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna "berbagi" atau "menjadi milik bersama" yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Komunikasi secara terminilogis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain, jadi dari maksud diatas yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. 

PENGERTIAN KOMUNIKASI SOSIAL MENURUT PARA AHLI
Komunikasi

Berikut ini pengertian komunikasi menurut para ahli :


  1. Fandy Tjiptono & Anastasia Diana (2001) menyimpulkan pendapat mereka yang menyatakan bahwa komunikasi sosial merupakan upaya untuk menyampaikan maksud tertentu kepada orang lain sehingga orang bisa memahami maksud yang disampaikan. Komunikasi juga dapat diartikan sebagai berarti proses pengiriman (berarti) dari pengirim ke penerima, menggunakan media tertentu.
  2. Goldstein (1982) berpendapat bahwa komunikasi sosial merupakan keterampilan yang harus diambil pada individu yang menjalani interaksi dengan individu dalam interaksi dengan individu atau kelompok individu lainnya.
  3. Oteng Sutisna (1989) juga mengemukakan pendapatnya bahwa komunikasi sosial merupakan proses interaksi antara orang-orang atau kelompok sikap dan dimaksudkan untuk mempengaruhi prilaku orang dan kelompok dalam suatu organisasi. Hal ini banyak disebut juga sebagai Pola Komunikasi Organisasi.

Unsur- Unsur Komunikasi Sosial

Pada dasarnya semua jenis teknik komunikasi memiliki unsur yang sama, begitu pula dengan komunikasi sosial yang memiliki unsur sebagai berikut:
  1. Komunikator sebagai pengirim atau pemberi informasi atau pesan kepada individu maupun kelompok lain.
  2. Pesan sebagai obyek atau sesuatu yang disampaikan oleh komunikator kepada individu atau kelompok lain.
  3. Media sebagai fasilitator pesan yang serupa Visual, Verbal, Non Verbal, Lisan maupun Tulisan.
  4. Komunikasi sebagai penerima pesan atau informasi dari seorang komunikator.
  5. Feedback sebagai efek atau dampak dari komunikasi yang ditimbulkan oleh adanya pesan yang disampaikan tersebut.
Bentuk Komunikasi Sosial

Bentuk Bentuk komunikasi sosial antara lain:
  1. Asosiatif atau Kerja Sama
  2. Akomodasi
  3. Asimilasi
  4. Disosiatif
Baca Juga :


Sebagai mahluk sosial, tentunya kita membutuhkan orang lain, maka begitupula kita butuh yang namanya komunikasi agar terjalin persaudaraan dan kerjasama.
Demikianlah Penjelasa dari komunikasi, semoga bermanfaat.

Baca Juga

No comments:

Post a Comment